Senin, 05 Feb 2018 17:10 WIB

Sudah Jalani 24 Operasi, Kulit Pria Ini Tetap Ditumbuhi 'Kayu'

Firdaus Anwar - detikHealth
Kondisi tangan Abul sebelum menjalani operasi. (Foto: Facebook)
Jakarta - Nama Abul Bajandar sempat menarik perhatian dunia karena memiliki kondisi genetik langka bernama Epidemodysplasia Verruciformis (EV). Kondisi ini membuat kulit Abul rentan untuk ditumbuhi oleh kutil yang tumbuh secara liar.

Kutil-kutil tersebut tumbuh memenuhi tangan dan kaki Abdul. Akibatnya tangan dan kaki pria berusia 27 tahun ini sekilas tampak jadi seperti akar pohon.

Baca juga: Operasi Sukses, 'Manusia Pohon' Ini Dapatkan Tangannya Kembali

Pada awal tahun 2017 lalu Abdul sudah menjalani berbagai terapi dan berkali-kali operasi. Namun demikian tidak ada tanda kalau kutil 'kayu' di tubuhnya akan berhenti tumbuh. Dokter menyebut bahwa memang kasus ini cukup kompleks.

Selama setahun Abdul sudah menjalani 24 operasi untuk membuang sekitar lima kilogram kutil dari tubuhnya. Ia mulai khawatir bahwa dirinya tidak akan pernah bisa kembali normal.

"Saya takut menjalani operasi lagi. Saya rasa tangan dan kaki saya tidak pernah bisa kembali normal," kata Abdul seperti dikutip dari Live Science, Senin (5/2/2018).

Menurut studi yang dipublikasi di jurnal Disease Markers 2010 hampir 50 persen orang dengan EV akan terkena tumor jinak apabila terinfeksi dengan human papilloma virus (HPV) penyebab kutil. Pada sebagian orang infeksi HPV ini bisa juga tidak akan menunjukkan gejala apa-apa.

Karena ini kondisi genetik belum ada obat yang betul-betul bisa menyembuhkan kondisi.

"Mencari cara untuk menghentikan munculnya lesi pada epidermodysplasia verruciformis adalah sebuah perjuangan konstan... Meski ada beberapa opsi terapi, tampaknya tidak ada yang bisa benar-benar menyembuhkan. Lesi biasanya muncul kembali setelah terapi berhenti," tulis studi.

Baca juga: Foto Para Pengidap Sindrom Manusia Pohon Ini Bikin Kita Bersyukur (fds/wdw)