Sabtu, 02 Jun 2018 15:15 WIB

Hoax or Not

Menepuk-nepuk Lengan Kiri, Bisakah Mengatasi Serangan Jantung?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Menurut broadcast message, menepuk-nepuk tiga titik di lengan kiri bisa melancarkan peredaran darah pada serangan jantung mendadak. Menurut broadcast message, menepuk-nepuk tiga titik di lengan kiri bisa melancarkan peredaran darah pada serangan jantung mendadak.
Jakarta - Melalui pesan berantai, beredar informasi cara menangani serangan jantung mendadak. Ketika seseorang mengalami gejala serangan jantung, dianjurkan untuk menepuk-nepuk tiga titik di lengan sebelah kiri.

Informasi tersebut mengklaim bahwa cara ini efektif melancarkan peredaran darah dan menghindari terjadinya penggumpalan darah. Langkah tersebut dilakukan sembari menunggu pertolongan medis.

Berikut ini informasi yang beredar:

"Info Penanganan Serangan Jantung Mendadak"

Video di atas ini memberi nasihat darurat bagi kawan2 yang ada bakat penyakit jantung, silahkan perhatikan & pelajari cara mengatasi serangan jantung yang umumnya datang mendadak, sehingga banyak orang tidak tertolong nyawanya dan meninggal di tempat atau dalam perjalanan ke rumah sakit.

Perhatikan :
1. Pada waktu kejadian akut tepuklah siku lengan bagian dalam seperti video ini, harus di ingat lengan sebelah kiri, karena disekitar lengan kiri ini terdapat 3 titik yang berhubungan dengan jantung dan paru paru.

2. Dengan menepuk keras daerah sekitar ini akan memperlancar peredaran darah dan akan terasa hangat dan keluar keringat.

3. Perlu Anda ketahui serangan jantung terjadi karena peredaran darah terhambat, dengan menepuk bagian lengan ini akan meningkatkan suhu dan menghindari terjadinya penggumpalan dan memperlancar sirkulasi darah, tapi setelah itu segera bawa ke rumah sakit.

4. Untuk keseharian ada baiknya kita juga menepuk bagian ini setiap hari, karena dapat mencegah segala penyakit jantung dan dapat mengurangi terjadinya serangan jantung secara mendadak !

Jika Anda merasa berguna info ini?, bisa dibagikan kepada teman dan keluarga Anda, karena dengan berbagi kecil seperti ini Anda bisa menyelamatkan jiwa banyak orang.



Penelusuran:

Ahli jantung dari RS Mayapada, dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA menegaskan bahwa teknik menepuk-nepuk lengan tidak dikenal di kedokteran. Oleh karenanya, tidak dianjurkan sebagai pertolongan pertama pada serangan jantung.

"Nggak ada di medis, nepuk lengan jadi lancar (peredarah darahnya)," kata dr Ayu, demikian dokter cantik ini biasa disapa.

Daripada melakukan langkah-langkah yang tidak teruji secara ilmiah, dr Ayu lebih menyarankan untuk sesegera mungkin membawa pasien ke rumah sakit terdekat. Tidak perlu dikerok atau diberi minyak angin dulu, karena semakin ditunda, semakin kecil pula peluang menyelamatkan nyawa pasien.

Lalu pertolongan apa yang bisa diberikan dalam kondisi darurat sembari menunggu pertolongan medis?

"Sementara, tenangkan pasien. Dan berikan obat di bawah lidah (isosorbid dinitrat) jika tersedia," saran dr Ayu, saat dihubungi detikHealth.

Kesimpulan:

Menepuk-nepuk lengan untuk melancarkan peredaran darah pada serangan jantung, tidak dikenal dalam dunia medis. Pertolongan paling tepat adalah sesegera mungkin membawa pasien ke rumah sakit agar bisa ditangani sesuai kondisi yang dialaminya.

Menurut penelururan detikHealth, informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan secara medis.Menurut penelururan detikHealth, informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan secara medis.

Saksikan video penjelasan menepuk lengan kiri untuk atasi serangan jantung di sini:

[Gambas:Video 20detik]




(up/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya