Rabu, 04 Jul 2018 18:33 WIB

Wanita Ini Punya Satu Kaki Terbesar di Dunia, Beratnya 68 Kg

Widiya Wiyanti - detikHealth
Wanita Ini Punya Satu Kaki Terbesar di Dunia, Beratnya 68 Kg. Foto: Youtube Wanita Ini Punya Satu Kaki Terbesar di Dunia, Beratnya 68 Kg. Foto: Youtube
Jakarta - Seorang wanita dari Jackson, Georgia, Amerika Serikat diklaim memiliki satu kaki terbesar di dunia. Namun ini bukan suatu hal yang harus diberi penghargaan.

Janice Greene mengidap lymphoedema yang menyebabkan satu kakinya membesar hingga beratnya 68 kilogram. Ini disebabkan karena adanya penyumbatan dalam sistem limfatik dan menghasilkan pengumpulan cairan di bawah lapisan kulit.

Dikutip dari NHS Choices, lymphoedema adalah kondisi jangka panjang yang menyebabkan pembengkakan di jaringan tubuh. Biasanya menyerang tangan atau kaki dan belum bisa disembuhkan.

"Saya tidak bisa masuk ke kendaraan yang pendek atau kendaraan kecil. Saya tidak bisa pergi ke sembarang restoran, karena mereka harus memiliki kursi yang rendah karena saya tidak bisa duduk di stan," ujarnya dikutip dari DailyMail.

Wanita berusia 53 tahun itu mengaku sulit untuk menemukan celana dan sepatu yang pas dengan ukuran kakinya. Selain itu, Janice juga merasa minder untuk keluar rumah karena banyak orang mencoba untuk mengambil fotonya.

"Saya merasa seperti berada di ujung jalan. Saya merasa seperti saya hanya duduk di sini dan semua orang melewati saya, jadi hidup saya pasti berubah," tuturnya.


Suaminya, Ray pun tak tinggal diam melihat istrinya selalu murung seperti itu. Ia pun bersikeras meminta istrinya untuk tetap melanjutkan terapi karena Ray mempelajari bahwa lymphoedema bisa berujung pada sakit jantung.

Ray pun tak pantang menyerah, ia menelpon beberapa ahli hingga akhirnya bertemu dengan Robin Bjork, pendiri International Lymphedema and Wound Training Institute dan membimbing Janice dengan terapi yang lebih baik.

Janice menjalani terapi Complex Decongestive Therapy (CDT) dengan melibatkan pemijatan dan membebat kaki setiap hari untuk mengurangi pembengkakak.

Usahanya pun membuahkan hasil, kaki Janice mengecil dari yang tadinya berukuran 145 sentimeter berkurang menjadi 116 sentimeter. Dengan begitu, Janice bisa menjalani prosedur operasi.

Meskipun tidak dapat disembuhkan, Ray mengatakan bahwa ia senang telah melihat kembali senyum istrinya yang sempat hilang. Janice pun lebih semangat untuk menyonsong hari-hari berikutnya.

"Aku hanya ingin hidup lebih baik," tandas Janice.

(wdw/up)
News Feed