Minggu, 15 Jul 2018 16:26 WIB

Nenek 90 Tahun Ini Kuat Angkat Beban 102 Kg Demi Usir Rasa Sedih

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Siapa yang tidak ingin punya tubuh sehat dan bugar di usia tua seperti Lois? (Foto: internet) Siapa yang tidak ingin punya tubuh sehat dan bugar di usia tua seperti Lois? (Foto: internet)
Jakarta - Mungkin sekilas kita takkan percaya ada seorang lansia, apalagi berusia 90 tahun, mampu berolahraga angkat beban. Lois Hummer asal Ohio membuktikannya, bahwa usia hanyalah sebuah angka.

Lois memulai karir angkat bebannya sejak usia 75 tahun. Sejak ia bergabung, ia rutin berlatih bersama pelatih pribadinya, Nick Oskowski, hingga berpartisipasi pada sejumlah pertandingan.

Beban terberat yang pernah diangkat Lois adalah 102 kilogram. Sampai-sampai membuatnya dilirik beberapa perusahaan yang terkait dengan powerlifting dan deadlifting (jenis-jenis angkat beban).

Nick telah melatih Lois selama bertahun-tahun dan menyaksikan progresnya. Ia menyebut bahwa kemungkinan besar yang menginspirasinya untuk mulai berolahraga adalah setelah suaminya meninggal dunia.



"Dia bilang dia hanya butuh sebuah kelompok orang-orang yang baik untuk berkumpul. Dan kurasa berada di lingkungan anak-anak muda membuat perbedaan besar," ujarnya, dikutip dari Women's Health.

Gym tempatnya bekerja punya banyak atlet angkat beban dan binaraga yang kompetitif, sepertinya Lois terpicu oleh hal tersebut. Nick mengatakan ia menyukai atmosfernya, dia menyukai persaudaraannya, dan Lois cocok berada di sana.

"Kisah tersebut tak hanya menginspirasiku, tapi juga yang lain. Dan menunjukkan ada manfaat bagi orang-orang yang seumuran dengannya," lanjutnya.

Meski terlihat seperti tak dianjurkan atau berbahaya, Nick menyebut angkat beban justru punya banyak manfaat kesehatan bagi orang-orang yang sudah lanjut usia.

Tak hanya membantu menguatkan massa tulang, angkat beban juga membantu metabolisme, meningkat fungsi kognitif, meningkatkan kualitas hidup dan memberimu alasan untuk terus maju serta terus berjuang.

Nenek 90 Tahun Ini Kuat Angkat Beban 102 Kg Demi Usir Rasa SedihFoto: internet


Walau kini Lois tak lagi berkompetisi, dia tetap pergi ke gym setidaknya 3-4 kali seminggu. Lois mengenali bahwa ia mempunyai kekuatan yang luar biasa, di mana menjadi sebuah bakat langka untuk wanita seusianya, yakni unggul dalam angkat beban.

"Jadi kamu tahu, ketika kamu diam saja dan duduk sementara semua orang terus maju, kamu bakalan ketinggalan jauh. Tak pernah terlambat untuk memulai. Ingat, Lois memulai di usia 75, dia punya teknik yang benar, latihan yang benar, menjaga nutrisi dengan baik sehingga dia sanggup," pungkas Nick.

(frp/fds)
News Feed