Senin, 16 Jul 2018 18:17 WIB

Menulis dengan Kaki, Bocah Tanpa Lengan Ini Bikin Netizen Meleleh Hatinya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kisah Via yang menyentuh hati. Foto: Twitter/Coki CEO Dare Foundation Kisah Via yang menyentuh hati. Foto: Twitter/Coki CEO Dare Foundation
Jakarta - Tangguh, mungkin adalah satu kata yang cocok menggambarkan Novia Kusuma Anggraeni (8). Terlahir dengan kondisi congenital amputee (ketiadaan anggota gerak disebabkan gangguan pembentukan organ yang dibawa sejak lahir), menyebabkannya tidak bisa menulis menggunakan tangannya.

Tak hanya itu, ia pun memiliki kelainan pada kaki di mana kaki kanannya mengalami perlambatan pertumbuhan yang membuatnya tidak sama tinggi dengan yang sebelah kiri. Tapi apa itu membuatnya patah arang?

Belakangan beredar sebuah video yang menunjukan Via, sapaan akrabnya, yang tengah menulis. Unggahan ini langsung mendapat respon positif dari masyarakat yang merasa terinspirasi dengan semangat Via untuk tetap ceria.



Memang Via anak yang luar bisa bagi saya. Dengan pengalaman saya yah yang beberapa kali bertemu dengan anak-anak seperti Via, dia yang paling suka cita,Tyas - PR Dare Foundation

"Via butuh kaki palsu yang sangat spesifik kira-kira sekitar 3 tahun lalu. Via dibantu oleh Yayasan Citra Baru Lampung untuk dibuatkan kaki palsu di Solo karena seiiring pertumbuhan Via kaki palsu tersebut sudah tidak fit lagi. Dan Yayasan Citra Baru kerjasama dengan Dare Foundation. Kami buatkan kaki palsu untk Via yang bergaransi juga jadi jika Via mengalami pertumbuhan kaki palsu nya dapat kita adjust kembali," kata Tyas, Humas dari Dare Foundation saat dihubungi oleh detikHealth.

Kondisi yang terjadi pada anak kelima dari lima bersaudara ini tidak membuatnya tumbuh minder. Ia tumbuh menjadi anak yang ceria dan dapat bersosialisasi dengan baik. Berkat dukungan keluarga, Via pun punya sifat ramah dan terus melanjutkan sekolahnya. Di sekolah ia juga dikelilingi banyak teman.


"Memang Via anak yang luar bisa bagi saya. Dengan pengalaman saya yah yang beberapa kali bertemu dengan anak-anak seperti Via, dia yang paling suka cita," masih dari Tyas mengisahkan.

Berbekal dengan bantuan dari kakak-kakaknya, Via belajar untuk menulis menggunakan kakinya. Tak jarang ia berlatih sendiri.

"Via juga bisa main Mobile Legend lho," tambah Tyas.

Kisah Via benar-benar mengingatkan kita untuk tidak pernah patah semangat untuk melakukan banyak hal ya. Semangat terus Via, kelak pasti jadi anak yang sukses! (ask/up)
News Feed