Senin, 03 Sep 2018 09:21 WIB

Idap Sindrom Langka, Wanita Ini Bisa Putar Lengan 180 Derajat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Karena sindrom langka, wanita ini bisa putar lengan 180 derajat. Foto: BMJ Case Reports Karena sindrom langka, wanita ini bisa putar lengan 180 derajat. Foto: BMJ Case Reports
Jakarta - Sebuah sindrom langka membuat seorang wanita di India kehilangan sebagian tulang bahunya. Kondisi ini berakibat lengannya bisa berputar bebas hingga 180 derajat.

Wanita berusia 37 tahun yang tak disebutkan namanya tersebut awalnya datang ke dokter dengan keluhan tidak nyaman di lengan kiri. Dokter mendapati bahunya lembut dan menyebut ada pergerakan pasif di bagian tersebut.

Pemindaian radiografi menunjukkan fakta mengejutkan. Beberapa bagian dari tulang bahu tidak ada di tempatnya, yang terkonfirmasi absen melalui MRI (Magnetic Resonance Imaging).



Hasil pemindaian radiografi, beberapa tulang bahu tidak ada.Hasil pemindaian radiografi, beberapa tulang bahu tidak ada. Foto: BMJ Case Reports


Dokter menduga pasien mengidap sindrom langka Gorham-Stout syndrome (GSS). Karena tidak banyak bukti yang meyakinkan dalam literatur, pasien tidak mendapat terapi dengan pengobatan. Ia hanya mendapat latihan penguatan bahu agar kondisinya memburuk.

Kasus langka ini dilaporkan dalam British Medical Journal Case Reports. Konon hanya ada sekitar 70 kasus yang pernah tercatat, sehingga penyebabnya tidak diketahui pasti.



Saksikan juga video '3 Ciri Anak Down Syndrom':

[Gambas:Video 20detik]

Idap Sindrom Langka, Wanita Ini Bisa Putar Lengan 180 Derajat
(up/up)
News Feed