Sabtu, 08 Sep 2018 08:31 WIB

Aneh, Lidah Wanita Ini Menghitam dan Berbulu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Seorang wanita mengalami perubahan warna lidah setelah minum obat (Ilustrasi: Thinkstock) Seorang wanita mengalami perubahan warna lidah setelah minum obat (Ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Seorang wanita berumur 55 tahun dilaporkan mengalami kecelakaan mobil parah dan mengakibatkan cedera serius pada kakinya. Wanita asal Missouri ini mengalami efek samping yang mengejutkan: lidahnya menghitam dan nampak berbulu.

Menurut laporan dari New England Journal of Medicine, lidah wanita ini mengalami perubahan satu minggu setelah dia meminum antibiotik untuk mengobati infeksi di kakinya. Dia mengatakan mendapatkan efek samping ini tidak lama setelah merasa sedikit mual dan rasa yang aneh pada lidahnya.

Setelah didiagnosa, dia mengalami Black Hairy Tongue. Meskipun terdengar menyeramkan, kondisi ini nampaknya tidak berbahaya. Tidak ada rambut asli yang tumbuh di lidah. Sebaliknya, papila atau tonjolan yang berada di permukaan lidah yang mengalami perubahan warna. Hal ini bisa disebabkan oleh sel-sel kulit mati berkumpul yang mengikat bakteri, tembakau, atau zat-zat makanan yang kemudian mengubah warna lidah.


Wanita ini mengidap black hairy tongue.Wanita ini mengidap black hairy tongue. Foto: New England Journal of Medicine


Meskipun demikian, lidah yang berbulu dan menghitam bisa menyebabkan bau mulut berlebihan, adanya rasa logam, hingga sensasi yang terasa aneh pada lidah. Menurut laporan dari World Journal of Gastroenterology, terdapat 11 persen orang yang mendapati lidah mereka menghitam dan berbulu di beberapa tempat.

Untungnya, kondisi lidah menghitam ini tidak berlangsung terlalu lama. Dalam empat minggu, lidah akan kembali ke warna yang semula yaitu merah muda.

Jika tidak ingin mengalami hal ini, hindari merokok, mengonsumsi kopi, teh dan alkohol yang berlebihan. Jangan mengonsumsi antibiotik yang dapat memicu ketidakseimbangan bakteri pada mulut. Selain itu harus sering memeriksakan diri ke dokter dan rajin merawat dan menjaga kebersihan mulut.

(up/up)
News Feed