Kamis, 20 Sep 2018 16:09 WIB

True Story

4 Pengidap HIV yang Akan Berlari Puluhan Km di Jakarta Marathon

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Masih belum usai juga stigma yang ditujukan pada Orang dengan HIV-AIDS atau ODHA. Padahal mereka sudah sangat disibukkan dengan perjuangan menyehatkan tubuh mereka, tetap banyak hujatan atau penghakiman dari orang-orang di sekitarnya.

Electric Jakarta Marathon 2018 akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2018 nanti, dan akan menjadi medan laga bagi 4 ODHA untuk berlari demi sebuah misi. Mungkin bagi beberapa orang mengikuti marathon adalah sebuah hal yang biasa, namun mereka tidak karena ada tugas berat yang mereka emban.

Adalah Tesa, Eva, Davi dan Fikran. Dengan misi yang berbeda-beda, namun tujuan mereka tetaplah satu, yakni melawan stigma. Serta mereka juga memperjuangkan hak-hak sesamanya, baik dari yang masih bayi, kanak-kanak, hingga usia lanjut.



Sekaligus membuktikan, bahwa walau "sakit" dan dicap "akan segera mati", mereka mampu mempromosikan gaya hidup sehat lewat berolahraga. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye #SayaBerani #SayaSehat yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan RI dan UNAIDS Indonesia bersama sejumlah kelompok dan organisasi.

Berikut beberapa kisah mereka menjelang lomba marathon tersebut: (frp/up)
News Feed