Jumat, 30 Nov 2018 13:00 WIB

Demi Cita-Cita, Bocah NTT Ini Tiap Hari Jalan Kaki 2 Jam ke Sekolah

Widiya Wiyanti - detikHealth
Demi cita-cita menjadi dokter, bocah ini rela menempuh perjalanan jauh menuju bangku sekolah (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth) Demi cita-cita menjadi dokter, bocah ini rela menempuh perjalanan jauh menuju bangku sekolah (Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth)
Manggarai - Demi menggapai cita-cita, banyak orang rela menempuh jalan apapun. Sama seperti yang dilakukan bocah pedalaman Nusa Tenggara Timur (NTT), Alva (15) yang harus menempuh jarak cukup jauh hanya untuk bersekolah.

Alva yang bertempat tinggal di Desa Owak, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, harus menempuh waktu sekitar dua jam menuju sekolahnya di SMP 3 Cibal di Desa Rebuk.

"Dari rumah dua jam, jalan kaki. Nggak capek demi cita-cita," ujarnya saat ditemui detikHealth usai jam pelajaran sekolah, Rabu (28/11/2018).



SMP tempatnya bersekolah ini merupakan SMP yang terdekat dari kediamannya. Jalan yang ditempuh Alva pun tidak mudah, masih banyak jalan rusak ditambah medan yang cukup terjal mengharuskannya berangkat pagi-pagi buta.

"Berangkat jam 5 pagi, pulang dari sini jam 12 sampai rumah jam 2," imbuh bocah yang duduk di bangku kelas 9 ini.

Bocah yang bercita-cita menjadi dokter ini berharap daerah tempat tinggal dan sekolahnya bisa lebih maju, mengingat listrik pun belum masuk ke dalam desa-desa ini.

"Kalau malam belajar pakai lampu pelita," ungkapnya.

Semoga perjuangan Alva menempuh jarak jauh untuk bersekolah bisa membuatnya meraiu cita-cita dan memajukan desa-desa di sana.

(wdw/up)