Senin, 10 Des 2018 15:05 WIB

Idap Kanker, Zainab Butuh 10 Donor Golongan Darah Paling Langka

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi kantung darah. Foto: Pradita Utama Ilustrasi kantung darah. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Zainab Mughal, bocah asal India memiliki golongan darah paling langka di dunia. Ini membuatnya kesulitan untuk mengobati kondisinya.

Dikutip dari BBC, Zainab mengidap neuroblastoma, yaitu jenis kanker langka yang berkembang dari neuroblast atau sel-sel saraf yang belum matang pada anak-anak. Jenis kanker ini cukup agresif dan langka.

Selama perawatan, Zainab membutuhkan transfusi darah. Namun jenis golongan darah Zainab kehilangan antigen Indian B yang dalam populasi dunia kurang dari 4 persen pemiliknya.

"Ini sangat jarang yang jujur ini pertama kalinya saya melihatnya dalam 20 tahun saya sudah melakukan ini," kata Frieda Bright, seorang manajer laboratorium OneBlood.



Tubuh Zainab menolaj darah yang tidak sesuai dengannya. Padahal Zainab membutuhkan setidaknya 7-10 pendonor. Namun, hingga saat ini ia baru mendapatkan tiga donor yang sesuai dari 1.000 orang lebih.

Bahkan darah kedua orang tuanya pun tidak cocok denga Zainab.

"Kami semua menangis, ini adalah hal terburuk yang kami harapkan," tutur ayah Zainab, Raheel Mughal.

"Hidup putri saya sangat bergantung pada darah," lanjutnya.

Para dokter melakukan hal terbaik sebisa mungkin. Kemoterapi telah mengurangi ukuran tumornya, namun Zainab juga membutuhkan dua transplantasi sumsum tulang belakang.




(wdw/up)
News Feed