Jumat, 21 Des 2018 14:08 WIB

Kisah 'Malaikat' yang Diam-diam Tebus Tagihan Rumah Sakit Pasien Miskin

Firdaus Anwar - detikHealth
Zeal Akaraiwai sehari-hari bekerja sebagai konsultan finansial. (Foto: BBC) Zeal Akaraiwai sehari-hari bekerja sebagai konsultan finansial. (Foto: BBC)
Jakarta - Di Nigeria hanya sedikit layanan kesehatan yang gratis. Bila pasien tidak bisa menebus tagihan maka dirinya kemungkinan besar tidak bisa pulang, hanya bisa berharap pada keajaiban.

Zeal Akaraiwai tidak memiliki sayap namun apa yang dilakukannya dianggap oleh banyak masyarakat Nigeria seperti malaikat. Turun dari mobil Mercedes hitam, dengan pakaian rapi Zeal mendatangi rumah sakit di Kota Lagos.

Disambut hangat oleh pekerja sosial, Zeal meminta "daftar" yang sudah dicetak rapi di kertas A4. Di dalamnya terdapat nama-nama pasien yang sudah sehat tapi tidak bisa pulang karena belum membayar tagihan rumah sakit.


Zeal menemui beberapa pasien, berbincang singkat tanpa memberi tahu identitasnya. Setelah itu diam-diam Zeal pergi menuju kasir membayar tagihan mereka lalu pulang tanpa ada rencana untuk menemui atau menghubungi kembali para pasien.

Zeal tidak meminta terima kasih. Ia hanya ingin para pasien berpikir bahwa hari itu ada malaikat yang datang membayar biaya rumah sakit mereka lalu pergi.

Zeal membayar tagihan pasien tidak mampu.Zeal membayar tagihan pasien tidak mampu. Foto: BBC


"Saya menamakan kegiatan ini Proyek Malaikat. Berusaha untuk menjadi malaikat yang suatu saat ingin kamu temui," kata Zeal seperti dikutip dari BBC, Jumat (21/12/2018).

Satu hal yang sering membuat Zeal sedih adalah kenyataan bahwa harus ada orang sepertinya untuk membantu warga miskin. Di Nigeria hanya sekitar lima persen dari populasi yang ditanggung oleh asuransi kesehatan.

"Sebetulnya tidak ada alasan kita tidak bisa memiliki sistem kesehatan nasional. Kita punya orang-orang pintar yang bisa memikirkan bagaimana skema yang tepat," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed
CNN ID
×
Insight With Desi Anwar
Insight With Desi Anwar Selengkapnya