Minggu, 30 Des 2018 12:00 WIB

Kaki Wanita Ini Membesar Tiga Kali Lipat Akibat Terinfeksi Cacing Parasit

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ukuran kaki yang membesar membuat Tawheeda Jan tidak bisa beraktivitas dengan normal. Foto: Thinkstock Ukuran kaki yang membesar membuat Tawheeda Jan tidak bisa beraktivitas dengan normal. Foto: Thinkstock
Jakarta - Cacing parasit menginfeksi kaki Tawheeda Jan yang membuat kakinya membesar tiga kali lipat dari ukuran normal. Ini mengakibatkan kaki wanita asal India ini membengkak sehingga ia tidak pernah memakai sepatu.

"Aku terlahir dengan keadaan ini. Ini mimpi buruk bagiku. Hidupku menjadi tidak normal lagi," ujarnya dikutip dari Daily News.

Jan, sapaannya, bercerita, ukuran kakinya yang luar biasa besar membuatnya kesulitan beraktivitas dengan baik. Sejak kecil, ia selalu ingin memakai sepatu tetapi tidak pernah beruntung untuk bisa memakainya.

"Aku memiliki sepasang sepatu terakhir pada tahun 2014 tetapi harus memberikannya kepada temanku karena kondisi ini," tuturnya.


Para dokter mendiagnosis Jan dengan lymphatic filariasis atau yang awam disebut dengan kaki gajah. Untuk menyembuhkannya, Jan sudah melakukan berbagai tindakan operasi, namun tidak ada satupun yang menunjukkan keberhasilan.

"Jari-jari kakiku bahkan sudah di potong sebab dokter mengatakan itu mungkin akan menghentikan pembesarannya," tambahnya.

Kondisi ini menyebabkan Jan harus rela putus sekolah. Ia merasa tidak kuat melanjutkan sekolah sebab mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari teman sebayanya.

Meski sudah mengunjungi banyak dokter di tiap kota berbeda, masih belum ada tanda penyakit kaki gajah yang diidap Jan dapat terobati.

"Ini menjadi memburuk tiap harinya. Aku tidak bisa bekerja dan bermain dengan kawanku. Aku bahkan tidak dapat keluar rumah dengan kondisi seperti ini," ucapnya.

(kna/up)
News Feed