Rabu, 02 Jan 2019 09:38 WIB

Wanita Ini Tiba-tiba Lumpuh Karena Dokter Salah Prosedur

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi lumpuh (Foto: Thinkstock) Ilustrasi lumpuh (Foto: Thinkstock)
Jakarta - "Aku berjalan ke rumah sakit tetapi tidak pernah keluar lagi," kata wanita yang nahas nasibnya karena dokter melakukan kesalahan pada tulang belakangnya.

Namanya Nicole Biddulph dari Devon, Inggris, menungkapkan bahwa saat usianya empat tahun, ia rutin melakukan biopsi pada benjolan seukuran bola golf di punggungnya.

Selama biopsi untuk memeriksa apakah kanker atau bukan, dokter secara tidak sengaja memutus sumsum tulang belakangnya yang dibungkus oleh tumor fibrosarkoma. Ia pun mengalami kelumpuhan permanen dari pinggang ke bawah.

"Itu tidak sesuai rencana dan akhirnya aku lumpuh dari pinggang ke bawah," ujar wanita yang kini berusia 19 tahun.

Dikutip dari Daily Mail, fibrosarkoma adalah tumor yang bermula dalam sel yang disebut fibrosit dan membuat jaringan ikat. Biasanya tumor ini berkembang di lengan, kaki, atau panggul.



Dua hal menyakitkan menempa Nicole, tumor ganas dan juga kelumpuhan. Ia pun harus menjalani pengobatan yang cukup melelahkan. Nicole menjalani kemoterapi selama empat bulan dan 30 sesi radioterapi.

"Kemoterapi itu sangat kuat, dan itu merusak sistem kekebalan tubuhku dan rambutku rontok," tutur Nicole.

"Radioterapi juga sangat tidak nyaman karena saya harus berbaring di permukaan yang keras untuk waktu yang cukup lama selama setiap sesi," lanjutnya.

Meskipun disebut sangat sulit, namun pengobatan Nicole berhasil mengusir tumor pada beberapa tahun kemudian. Begitu tumornya hilang, Nicole masih tetap tidak bisa bergerak ditambah dengan skoliosis yang berkembang dan sangat menyiksa.

"Aku mengalami kejang yang sangat parah. Ini bisa sangat menyakitkan dan tidak nyaman karena rasanya seperti rasa sakit yang menusuk sepanjang tulang belakang dan ke leherku. Itu juga membuat pinggulku miring," ucapnya.



Nicole pun harus menjalani operasi untuk meluruskan tulang belakang dan panggulnya. Beruntung, Nicole selalu berpikiran positif meski rasa sakit kerap menghantuinya. Ia bertekad untuk bisa kembali ke kondisi normal.

"Moto yang aku jalani adalah pergi keluar dan mewujudkan impian," katanya.

Ia pun ingin menunjukkan pada orang-orang bahwa walau dalam kekurangan, ia juga bisa melakukan hal-hal yang ia sukai dan menggapai impiannya. (wdw/up)
News Feed
CNN ID
×
Insight With Desi Anwar
Insight With Desi Anwar Selengkapnya