Senin, 07 Jan 2019 08:40 WIB

True Story

Dua Orang Asing Ini 'Terikat' oleh Tiga Transplantasi Organ

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi transplantasi organ. Foto: Thinkstock Ilustrasi transplantasi organ. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tiga transplantasi organ membuat Sarah McPharlin (29) dan Daru Smith (29) asal Amerika Serikat (AS) 'terikat' satu sama lain. Mereka memiliki kondisi yang mengharuskan keduanya menjalani transplantasi jantung, hati dan ginjal secara bergantian pada bulan Desember 2018 lalu.

Dilaporkan oleh Fox News, operasi tersebut berjalan secara intens selama 37 jam dan sukses. Operasi berisiko tinggi ini menjadi yang pertama dilakukan di AS dalam satu tahun. Tiap enam pembedahan memerlukan tim berisi 22 orang dan beberapa staf bekerja pada dua pasien secara simultan.

"Tak pernah dalam mimpi kita akan terbayangkan akan terjadi (operasi) seperti ini dalam waktu yang sama. Berhasil melakukannya serasa seperti mencoba melakukan balet tingkat tinggi di tengah acara marathon. Tapi kami selalu percaya pada pasien kami, dan juga pada kemampuan tim kami," tutur Dr John Fung, wakil direktur dari University of Chicago Medicine Transplantation Institute.


Sarah mengidap penyakit peradangan langka yang disebut giant cell myocarditis yang mengharuskannya menghadapi kemungkinan transplantasi organ seumur hidupnya. Transplantasi jantung pertamanya dilakukan saat ia berusia 12 tahun, dan komplikasi dari operasi tersebut merusak hati dan ginjalnya.

Sementara Daru, seorang supir truk yang giat berolahraga, jatuh sakit mendadak. Ia mendadak sulit bernapas saat menaiki tangga dan lalu terdiagnosis diabetes dan penyakit autoimun yang mengakibatkan kegagalan jantung, hati dan ginjal dan mengharuskan menjalani transplantasi.

Daru menyebut sangat luar biasa memiliki seseorang yang menjalani proses yang sama dengannya sehingga memberinya motivasi untuk selalu hidup sehat. Kini kedua pasien telah pulih dan membaik, dan bersiap menjalani kehidupan masing-masing usai diperbolehkan keluar dari rumah sakit.

(frp/up)
News Feed