Kamis, 17 Jan 2019 08:38 WIB

Seram, Dikira Mulas Biasa Ternyata Guru Ini Kena Kanker Saluran Empedu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Siapa sangka ternyata perut mulas menandakan kanker saluran empedu (Foto: iStock) Siapa sangka ternyata perut mulas menandakan kanker saluran empedu (Foto: iStock)
Jakarta - Bulan Desember lalu, Victoria Flores (31) terdiagnosis cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu stadium empat. Sebelumnya, ia hanya mengira sedang mengalami mulas dan membiarkannya selama 4 bulan.

Akibatnya ia harus melewatkan ulang tahun pertama anak lelakinya dan berjuang untuk sembuh. Selama lima minggu ia menjalani kemoterapi, namun sayangnya karena ukuran tumornya yang luar biasa besar, ia tak disarankan untuk menjalani operasi maupun terapi radiasi.

"Bukan diagnosis yang umum dan mengidapnya di usia yang sangat muda sudah cukup tak biasa," kata Dr Sridhar Beeram, dokter yang menangani Victoria, dikutip dari Fox News.



Cholangiocarcinoma merupakan salah satu kanker yang cukup langka dan kerap menyerang orang pada rentang usia 50-70 tahun. Menurut Johns Hopkins Medicine, kanker ini lebih sering ditemukan pada pria ketimbang wanita.

Gejalanya beragam, mulai dari nyeri perut atau abdomen, demam, penurunan berat badan, mata menguning (jaundice), rasa gatal dan lesu. Victoria dan kawan-kawannya membuka laman donasi di GoFundMe untuk membantu biaya pengobatan, sementara hingga kini prognosisnya masih belum jelas karena tumor di dalam tubuh Rachel tumbuh sangat cepat.

"Kami benar-benar hanya berharap untuk didoakan," tandas Victoria.



Saksikan juga video 'Mengenal Kanker Limfoma yang Merenggut Nyawa Pendiri Microsoft':

[Gambas:Video 20detik]



Seram, Dikira Mulas Biasa Ternyata Guru Ini Kena Kanker Saluran Empedu


(frp/up)