Kamis, 24 Jan 2019 13:52 WIB

Disebut Karena Membelai Kucing Liar, Wanita Ini jadi Lumpuh

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi lumpuh. Foto: Thinkstock Ilustrasi lumpuh. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang blogger seketika mengalami lumpuh saraf dan tak bisa merasakan kakinya sendiri. Yaitu Gemma Birch (24) yang pada Juli 2014 lalu mengalami nasib naas.

Awalnya ia berlibur ke Portugal selama seminggu, di perjalanan pulang ia mengalami muntah-muntah dan jatuh pingsan. Begitu mendarat ia segera dilarikan ke rumah sakit.

Birch pun menjalani serangkaian pemeriksaan dan dokter mengungkapkan bahwa ia terinfeksi campylobacter, bakteri yang kerap ditemukan di ayam mentah atau kurang matang.

"Mereka menemukan campylobacter di bangku saya, tetapi karena saya pescatarian dan tidak makan ayam, mereka bertanya apakah saya bersentuhan dengan binatang, jadi saya bilang ya," ujarnya dikutip dari Daily Mail.

Di apartemen saat liburan, Birch membiarkan kucing liar masuk dan merawatnya, memberi makan, dan memberinya nama Catarina. Kucing itu mengikuti Birch kemanapun ia pergi.

"Itu adalah reaksi keracunan makanan yang parah tetapi saya terinfeksi dari kucing. Diasumsikan kucing mengaduk-aduk sampah dan saya mendapat infeksi itu," ungkap Birch.



Ia pun menghabiskan waktu seminggu dirawat di rumah sakit. Namun, pada waktu malam hari setelah ia pulang ke rumah, Birch tidak bisa merasakan kakinya. Ia mengalami kelumpuhan dari pinggul ke bawah bagian kiri. Dokter pun mendiagnosisnya dengan Guillain Barre Syndrome (GBS).

"Saya harus bergantung pada perawat untuk membawa ke toilet dan memandikan saya. Saya kehilangan kendali atas usus dan kandung kemih saya dan saya tidak dapat menggunakan lengan atau tangan saya karena mereka sangat lemah," jelasnya.

Birch pun menjalani terapi imunoglobin, yaitu memasukkan antibodi ke dalam darah untuk melawan infeksi selama dua minggu untuk menghentikannya GBS semakin memburuk. Ia pun dipindahkan ke rumah sakit neurologi Walton Center untuk dirawat selama tiga bulan.

Dokter mengatakan bahwa GBS telah merusak saraf kaki Birch. Penyakit itu terjadi karena tubuh tidak tahu apa yang harus dilakukan pada infeksi yang terjadi, sehingga ia membunuh semua yang ada, termasuk jaringan dan otot tungkai dan lengan.

Kemudian Birch dipindahkan lagi ke Rumah Sakit Rehabilitasi St Helen untuk belajar berjalan dan menggunakan lengan selama empat bulan. 14 bulan belajar, akhirnya Birch bisa berjalan sendiri.

"Setiap kali saya mengalami infeksi atau cedera, itu memengaruhi saraf saya dan muncul sensasi kesemutan, mati rasa dan kelemahan terjadi," katanya.

Akhirnya, Birch membagikan ceritanya itu untuk menginspirasi semua orang.


Disebut Karena Membelai Kucing Liar, Wanita Ini jadi Lumpuh
(wdw/up)
News Feed