Minggu, 27 Jan 2019 12:20 WIB

Berkat Cermin, Dokter Ini Temukan Dirinya Idap Kanker Tiroid

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi bercermin. Foto: Thinkstock Ilustrasi bercermin. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tiap hari kita bercermin untuk memeriksa penampilan, namun tak ada yang menduga hanya dengan melakukan hal simpel tersebut bisa menyelamatkan nyawa. Hal inilah yang terjadi pada dokter peneliti kanker dari University of Miami, yang menemukan tumor kanker tiroid di lehernya saat bercermin.

Erin Kobetz, PhD, MPH baru saja enam bulan menduduki jabatannya, menyadari ada sesuatu yang aneh di lehernya ketika ia bersiap-siap berangkat kerja. Ia tak mampu menjelaskan, namun yang jelas lehernya terlihat konyol dan aneh.

"Aku langsung periksa ke dokter. Ia setuju kalau leherku terlihat tidak biasa, tapi tak bisa menjelaskan apa sebabnya. Aku punya riwayat masalah tiroid, aku pernah mengalami Hashimoto tiroiditis setelah melahirkan anak lelakiku, yakni kondisi autoimun yang membuat tiroid terlihat bengkak," jelasnya, dikutip dari Fox News.


Beruntung, sang dokter memercayai intuisi Erin bahwa memang ada yang tidak beres. Risiko terjadinya kanker memang bisa terjadi pada pasien Hashimoto, namun itu komplikasi yang amat langka. Akan tetapi, Erin adalah pengecualiannya.

Hasil pindaian menyatakan kelenjar tiroid, atau kelenjar berbentuk kupu-kupu di lehernya terdapat kanker. Ia langsung menjalani operasi pengangkatan kelenjar tiroid total beserta kelenjar getah bening, lalu dilanjutkan dengan terapi iodine radiaktif.

Walau telah mendapatkan status remisi alias bebas kanker, kejadian ini berdampak pada emosional Erin. Ia merasa masih kurangnya kendali dalam hidupnya dan memulai gaya hidup yang lebih sehat, mulai dari lebih aktif secara fisik dan diet yang super sehat.

"Aku bertanya pada diriku sendiri, mau jadi apa aku sekarang, dan bagaimana aku akan menjalani hidupku, yang cuma sekali kita punya. Aku tak mau lagi mengejar sains karena hanya berdasarkan statistik. Kini tujuan hidupku adalah untuk meneliti peningkatan risiko kanker serviks di kalangan wanita yang kerap lebih memilih pengobatan herbal yang malah merugikan," tandasnya.





Tonton juga 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]



Berkat Cermin, Dokter Ini Temukan Dirinya Idap Kanker Tiroid
(frp/up)
News Feed