Senin, 11 Feb 2019 12:01 WIB

Diawali Sakit Kepala dan Muntah, Bocah Ini Koma akibat Penyakit Langka

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi bocah yang mengidap penyakit langka. Foto: Thinkstock Ilustrasi bocah yang mengidap penyakit langka. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang bocah laki-laki berusia enam tahun mengalami koma setelah merasakan sakit yang tidak biasa. Namanya Ellis Artist dari Inggris, gejalanya mulai sehabis ia pulang sekolah.

Ia menjerit karena sakit kepala yang sangat parah dan muntah-muntah. Keesokannya, ia pun dilarikan ke rumah sakit, namun Ellis menjadi tidak responsif dan muncul ruam di sekujur tubuhnya.

Dikutip dari Daily Mail, dokter mengira Ellis mengidap meningitis karena virus sehingga ia dirawat di bangsal anak-anak dan diberi antibiotik.

"Dia nyaris tidak bangun dan menangis dan bergumam dalam tidurnya. Itu sangat menakutkan bagi semua orang," kata ibunya, Sarah Girdwood (34).

Akhirnya Ellis menjalani pemeriksaan CT scan dan lumbar tusukan dengan sampel cairan tulang belakang. Namun hasilnya tidak memuaskan sehingga ia harus menjalani pemeriksaan dengan MRI.

"Dia melakukan pemindaian MRI lagi di mana mereka menemukan pembengkakan telah menyebar dari otaknya ke tulang belakangnya," ungkap Sarah.



Ellis didiagnosis ensefalomielitis diseminata akut (ADEM) yang dapat berkembang dari infeksi kecil. Dikutip dari WebMD, ADEM merupakan jenis peradangan langka yang memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit ini merusak lapisan pelindung serabut saraf yang disebut myelin. Dan paling sering menyerang anak di bawah usia 10 tahun.

"Dia menggunakan ventilator, tetapi sekarang dia bernapas sendiri. Tapi dia mengalami kejang yang mereka pikir disebabkan oleh pembengkakan," kata bibi Ellias, Nicola Bicknell (34).

Keluarganya pun menjaga Ellias dengan sangat baik. Seluruh keluarga dan bahkan sekolahnya mengumpulkan uang untuk pengobatan Ellias hingga bisa sembuh kembali.






Tonton juga video 'Alasan Joanna Alexandra Terbuka Soal Penyakit Langka Anak':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed