Kamis, 21 Feb 2019 19:15 WIB

Sakit Perut, Rupanya Ada Setumpuk Barang 'Ajaib' dalam Perut Pria Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Hasil scan dokter menunjukkan setumpuk benda asing dalam perutnya. Foto: Thinkstock Hasil scan dokter menunjukkan setumpuk benda asing dalam perutnya. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang pria asal Korea memeriksakan ke dokter, mengeluh perutnya sakit dan kembung. Tak disangka-sangka, dokter ini terkejut menemukan setumpuk batu, tutup botol dan koin dari perutnya yang ia makan untuk menyembuhkan rasa cemas.

Pria berusia 54 tahun ini harus menjalani serangkaian tes untuk menemukan apa yang salah. Saat dokter menyentuh perutnya, mereka merasakan sesuatu yang mirip batu-batu kecil dan disarankan menjalani rontgen.

Tampak tumpukan benda-benda nyaris menutupi seluruh perut pasien. Sekitar 2 kg batu, tutup botol dan koin dikeluarkan dari perut pria dan dokter menyebut kasus ini 'sangat tidak biasa' dalam publikasi jurnal yang ditulis Dr Pyong Wha Choi di American Journal of Medical Case Reports.


"Operasi harus dilakukan karena terlalu banyak benda asing sehingga tak bisa diekstraksi menggunakan endoskopi," tulis dokter tersebut dalam jurnal, dikutip dari Mirror.

Pria yang lahir dengan gangguan kecerdasan ini mengaku kerap menelan koin dan kerikil setiap saat ia merasa cemas, terkadang ia juga mengonsumsi obat penenang. Namun kebiasaan ini ia sebut sudah lama tak melakukannya lagi, sehingga tak diketahui sejak kapan berada di perutnya.

Dr Choi menyebut kasus benda asing yang tertelan lebih umum dialami anak-anak. Kini pria itu telah dikeluarkan dari rumah sakit setelah dirawat selama sembilan hari.

"Ketika benda asing melewati esofagus, jarang muncul gejala yang terkait dengan benda asing. Dalam kasus ini, walaupun si pasien tidak mengeluh alami muntah, sejumlah besar kerikil dan koin di perutnya menyebabkannya nyeri perut," pungkas Dr Choi.

(frp/fds)