Selasa, 26 Feb 2019 07:53 WIB

Diamputasi karena Kanker, Bocah Ini Dapat Kaki Baru yang Terbalik

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Gara-gara kanker tulang seorang bocah harus menjalani amputasi (Foto: thinkstock) Gara-gara kanker tulang seorang bocah harus menjalani amputasi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Tahun lalu, lutut Jacob Bredenhof (14) terasa sakit, namun saat diperiksakan dokter hanya mengira ia cedera usai berolahraga. Namun rasa sakitnya justru semakin parah hingga muncul bengkak keras yang terus membesar di bagian tungkainya.

Tak disangka Jacob mengidap osteosarkoma, bentuk langka dari kanker tulang. Tumor kankernya sangat menekan tulangnya dan bisa saja ia patah kapanpun juga. Jacob disarankan untuk menjalani operasi tak biasa rotationplasty, namun ia masih ragu.

Menurut Physiopedia, rotationplasty merupakan prosedur bedah yang kerap disarankan pada anak-anak pengidap kanker tulang di area lututnya. Operasi ini melibatkan tulang yang berkanker dan juga beberapa tulang yang sehat untuk memastikan ada celah yang jelas.



Kemudian bagian kaki bawah diputar 180 derajat dan ditempelkan kembali, sehingga tampak seperti kaki pendek dengan kaki yang terbalik. Yang dimaksudkan adalah bagian kaki dan pergelangannya berfungsi sebagai sendi lutut agar mempermudah pasien menggunakan kaki prostetis dan bisa beraktivitas seperti biasa.

"Aku juga memperingatkannya bahwa orang-orang bisa mengatakan hal-hal kejam yang akan menyakitinya dan tak akan memahami (keadaannya). Namun dia bilang padaku 'Aku nggak peduli aku cuma mau berolahraga dan jadi aktif. Dia sangat dewasa dan keputusannya untuk menjalani rotationplasty menunjukkan ia melihat ke depan," kata Tracey, ibunya, dikutip dari Daily Mail.

Kini usai menjalani 20 kali kemoterapi, Jacob yang menggemari olahraga sudah mampu kembali beraktivitas. Ia terlihat sangat positif dan bertekad untuk terus maju, karena tahun depan ia akan mendapatkan kaki prostetis barunya.

(frp/up)
News Feed