Rabu, 27 Feb 2019 11:32 WIB

Gara-gara Mimisan, Ketahuan Ada Lintah Hidup Bersarang di Hidung

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Mimisan berulang ternyata ada lintah di rongga hidung (Foto: Thinkstock) Mimisan berulang ternyata ada lintah di rongga hidung (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang wanita di China memeriksakan diri ke dokter karena sering mimisan. Betapa kagetnya para dokter menemukan ada lintah hidup bersarang di rongga hidung wanita tersebut.

Wanita yang tidak disebut namanya itu mendatangi sebuah rumah sakit di Kunming, bagian selatan Provinsi Yunnan. Kepada dokter, ia mengaku sudah sering mimisan berulang dalam 2 bulan terakhir.

Saat diperiksa, ternyata ada lintah hidup berukuran 6 cm di rongga hidung pasien. Diperkirakan sudah berusia 5 bulan saat ditemukan. Kemungkinan, lintah tersebut masuk dalam bentuk telur lalu menetas di dalam.



Dikutip dari Dailymail, dokter bedah mengeluarkan lintah tersebut dengan pinset logam. Pasien yang adalah seorang petani diperkirakan mendapatkan telur lintah dari air yang terkontaminasi di sawah.

"Saat pertama kali masuk ke tubuh, mungkin dalam bentuk telur," kata Dr Liu Yasu yang menangani pasien.

Lintah mendapatkan makanan untuk hidup dengan cara mengisap darah. Caranya dengan membuat sayatan kecil di tubuh mangsa lalu menutupinya dengan saliva atau lendir yang juga berfungsi meningkatkan aliran darah di area yang diisap.

(up/fds)
News Feed