Selasa, 05 Mar 2019 07:24 WIB

Unggah Rontgen Skoliosis, Sutopo 'Warrior' BNPB Banjir Simpati

Firdaus Anwar - detikHealth
Tulang belakang mulai terkena skoliosis (Foto: instagram Sutopo PN) Tulang belakang mulai terkena skoliosis (Foto: instagram Sutopo PN)
Jakarta - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kembali mengunggah foto terbaru yang menunjukkan kondisi kesehatannya. 'Warrior' yang tengah berjuang melawan kanker paru-paru ini mengaku ternyata juga mengidap skoliosis.

"Pantesan tubuh saya makin miring saat berdiri atau berjalan. Hasil foto MRI memang menunjukkan tulang belakang saya makin bengkok atau skoliosis. Kanker menyebabkan skoliosis. Sakit rasanya," cuit Sutopo di Twitternya pada Senin (4/3/2019) siang.

Unggahan tersebut langsung ramai ditanggapi oleh warganet yang mengucapkan doa dan memberikan kata-kata pendukung semangat. Sutopo memang sering jadi perhatian warganet karena bisa menginspirasi membagikan kisah perjuangan menghadapi penyakit di sela kesibukan.



Hingga artikel ini dimuat cuitan Sutopo sudah diretweet lebih dari 3 ribu kali dan disukai lebih dari 9 ribu pengguna Twitter.

"Semangat bapak menguatkan banyak orang. Matur nuwun pak," tulis seorang warganet.

Skoliosis sendiri adalah kondisi kelainan pada tulang belakang yang tingkat keparahannya bisa berbeda-beda dan memicu berbagai keluhan.

Ketika sudut kebengkokan tulang skoliosis tidak segera ditangani dampak yang paling ringan bisa terasa adalah keluhan nyeri otot di daerah punggung. Dikutip dari WebMD tulang disebut skoliosis bila bengkoknya sudah lebih dari 10 derajat membentuk seperti huruf "S" atau "C".

Ketika sudut kebengkokan tulang skoliosis tidak segera ditangani dampak yang paling ringan bisa terasa adalah keluhan nyeri otot di daerah punggung. Namun bila dibiarkan lama tidak tertangani skoliosis bisa menimbulkan gangguan pada fungsi paru-paru dan jantung.

"Terima kasih atas semua doa dan harapannya. Berlinang air mata saya membacanya. Begitu banyak yang cinta dan perhatian sama saya untuk selalu sabar, tegar, ikhlas dan ikhtiar. Insya Allah saya sembuh. Ammin," reaksi Sutopo menanggapi komentar warganet.

(fds/up)
News Feed