Jumat, 08 Mar 2019 08:07 WIB

Seperti Hamil 6 Bulan, Model Bikini Ini Ternyata Idap Endometriosis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi kembung dan sakit perut yang ternyata merupakan gejala endometriosis. Foto: Istock Ilustrasi kembung dan sakit perut yang ternyata merupakan gejala endometriosis. Foto: Istock
Jakarta - Seorang model bikini harus menghadapi kondisi yang menyakitkan sejak usianya 15 tahun. Tasha Ross (23) yang telah berjuang melawan rasa sakit, kembung, dan kelainan hormon itu harus menanggalkan karirnya.

Dikutip dari mybodyandsoul.com.au, Tasha tidak memiliki toleran terhadap makanan tertentu namun ia selalu merasa kembung. Kembungnya semakin parah di akhir masa remajanya dan mulai memengaruhi karirnya di bidang modeling.

"Kembung itu membuatku tidak mungkin melakukan pemotretan dan aku mulai merasa benar-benar putus asa. Kembung itu bisa menjadi sangat parah sehingga akan terlihat seperti hamil enam bulan dan tidak ada cara untuk meredakannya," ujarnya.

Karena perutnya membuat penampilannya tidak menarik, Tasha pun memutuskan untuk berhenti menjadi model.

Pada saat itu, Tasha merasa sendiri dan tertekan karena tidak ada yang membantunya menemukan jawaban dari kondisi yang dialaminya. Hingga akhirnya ibu mertuanya mencurigainya mengidap endometriosis.

Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan yang mirip dengan lapisan endometrium, yang biasanya melapisi rahim, ditemukan di luar rahim, yang sering muncul di organ-organ dalam rongga panggul (pelvis), seperti indung telur (ovarium) dan lapisan yang melapisi rongga abdomen (peritoneum).



"Aku sangat prihatin dengan masa depanku. Endometriosis adalah penyakit yang tidak ada obatnya, namun satu dari 10 wanita menghadapinya. Itu telah menyebabkanku bertahun-tahun sakit parah, kembung, jerawat, gelisah dan depresi. Penyakit ini bersamaku selamanya," tutur Tasha.

Setelah menjalani berbagai pemeriksaan, Tasha positif mengidap endometriosis setelah mengunjungi lebih dari 10 dokter selama enam tahun, dan harus menjalani dua operasi laparoskopi untuk mengurangi gejala-gejalanya.

Operasi pertama dilakukan oleh dokter kandungan untuk menghilangkan endometriosis. Tasha mengungkapkan operasi ini bisa menghilangkan rasa sakitnya selama tiga bulan, namun kembali lagi setelahnya.

Kemudian Tasha menjalani operasi yang kedua, hasilnya pun lebih baik meskipun ia masih sering merasa sakit namun tidak seperti sebelumnya.

Tahun lalu, Tasha pun kembali menjadi model dan menjadi finalis Miss Universe Australia. Ia pun bertekad untuk menjadi duta besar Endometriosis Australia dan ingin membantu wanita lain yang mengalami gejala sama sepertinya.

"Jika kamu merasa ada sesuatu yang salah dengan kesehatanmu dan seorang dokter memberi tahu kamu baik-baik saja, tolong jangan menyerah. Kamu tahu tubuhmu, kamu tahu ketika ada sesuatu yang tidak beres," sarannya.




Saksikan juga video 'Membahas Perut Kembung Bersama Dr Errawan':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed