Kamis, 21 Mar 2019 18:46 WIB

Fenomena Langka Terjadi Lagi, Bayi Ini 'Mengandung' Kembarannya Sendiri

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Fetus in fetu merupakan kondisi yang terbilang langka (Foto: thinkstock) Fetus in fetu merupakan kondisi yang terbilang langka (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang ibu di Kolombia melahirkan bayi dengan kondisi langka 'fetus in fetu'. Bayi yang dilahirkan 'mengandung' kembarannya sendiri.

Lebih langkanya lagi, kondisi hamil kembarannya sendiri ini diketahui sejak masih dalam kandungan. Dokter menemukannya saat sang ibu, Monica Vega, tengah mengandung 35 pekan.

Awalnya, dokter kandungan menyangkanya kista hati. Namun dengan menggunakan USG 3D/4D, dr Miguel Parra-Saavedra menemukan adanya ruang berisi cairan lengkap dengan tali pusarnya.

"Saya beri tahu ibunya dan dia berkata, 'Apa? Tidak, Dokter, ini tidak mungkin'," kata dr Miguel, dikutip dari NY Times.

"Tapi saya jelaskan bertahap dan dia mengerti," lanjutnya.



Bayi yang diberi nama Itzamara itu akhirnya dilahirkan pada pekan ke-37. Dokter melakukan operasi caesar karena khawatir kembarannya akan tumbuh dan merusak organ dalam bayi Itzamara.

Hari berikutnya, dokter mengeluarkan kembarannya lewat bedah laparoskopi. Janin kembarannya berukuran sekitar 5 cm, memiliki kepala dan kaki tetapi tidak memiliki jantung dan otak.

Meski terbilang langka, fetus in fetu beberapa kali dilaporkan terjadi. Seringkali dokter salah diagnosis, karena disangka teratoma, yakni tumor yang memiliki jaringan tulang, otot, dan bahkan rambut.

(up/fds)
News Feed