Jumat, 22 Mar 2019 04:57 WIB

Dear Para Kontestan Pilpres 2019, Ini Saran Pakar Gizi Soal Stunting

Widiya Wiyanti - detikHealth
Stunting menjadi salah satu topik yang meramaikan debat cawapres yang lalu (Foto: Grandyos Zafna) Stunting menjadi salah satu topik yang meramaikan debat cawapres yang lalu (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Masih cukup tingginya angka stunting di Indonesia tengah menjadi sorotan bagi pasangan calon (paslon) Pilpres 2019. Berbagai program dikembangkan untuk menurunkan dan mencegah kasus stunting di Indonesia.

Ditemui detikHealth, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr Rina Agustina, MSc, PhD pun membagikan beberapa tips menurunkan angka stunting di Indonesia. Ia mengatakan bahwa kuncinya ada di komitmen pemerintah dan partisipasi masyarakat.

"Banyak sekali yang bisa dilakukan, mulai dari suplementasi, gerakan 1.000 HPK (hari pertama kehidupan), scaling up nutrition itu semua harus dilakukan secara kuat," ujarnya di Gedung Ali Wardhana LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

Menurut Rina, 1.000 hari pertama kehidupan merupakan masa emas untuk pertumbuhan anak dan pencegahan stunting. Bukan hanya itu, nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil juga memengaruhi pertumbuhan si anak.



Rina menyebutkan program promotif preventif di Indonesia masih sangat kurang, padahal program tersebutlah yang bisa menjadi kunci pencegahan berbagai macam penyakit.

"Promotif preventif hanya 6 persen dananya dari 100 persen. Harusnya sampai 20 persen kalau bisa lebih," tambah Rina.

Selain itu, pemerintah juga harus menggabungkan orang-orang yang bekerja di bidang pertanian dan nutrisi. Sehingga tercipta kesinambungan antara produk-produk yang sehat dan konsumsi masyarakat.

Rina menambahkan, semua ini tidak bisa menghasilkan penurunan angka stunting jika pemerintah dan masyarakat tidak menjalankannya dengan serius. Diperlukan aksi dari seluruh elemen untuk membawa Indonesia menjadi nol persen stunting.





Tonton juga video Begini Jadinya Saat Ma'ruf-Sandi Berdebat soal ASI, Susu dan Gizi:

[Gambas:Video 20detik]


Dear Para Kontestan Pilpres 2019, Ini Saran Pakar Gizi Soal Stunting
(wdw/up)