Selasa, 26 Mar 2019 18:39 WIB

Idap Kondisi Langka, Wanita Ini Kehilangan Penglihatan 100 Kali Sehari

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi wanita sakit. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita sakit. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang wanita asal Cornwall, Inggris bernama Jade Davis (23) memiliki kondisi langka yang membuatnya kehilangan penglihatan sebanyak 100 kali dalam sehari. Bukan hanya itu, ia juga mengalami tremor, pingsan, kejang, dan merasa tekanan kuat di kepalanya.

Dikutip dari Mirror, Jade mengidap Malformasi Chiari tipe 1 yang terjadi saat pembentukan otak belakang, yang melibatkan serebelum (otak kecil), batang otak, saraf tulang belakang servikal bagian atas, dan tulang dasar tengkorak.

Kondisinya itu menyebabkan jaringan otak menonjol turun ke saluran tulang belakang. Maka dari itu, Jade kapan saja bisa berhenti bernapas selama beberapa menit setiap malam.

"Karena diagnosis ini, seluruh hidupku telah berubah, ada banyak hal yang tidak bisa kulakukan karenanya," ujar Jade.


Jade yang memiliki hobi berkuda pun terpaksa menjual kudanya karena tidak bisa melakukan hobinya itu. Ia mati rasa pada lengan dan kaki, kehilangan penglihatan setidaknya 50-60 kali sehari, dan bahkan 100 kali.

"Aku mendapatkan getaran di kedua tanganku, aku sering terjatuh dan mengalami kejang. Setiap hari kepalaku terasa seperti ada seseorang yang meremasnya, setiap hari sepanjang hari," imbuhnya.

Meskipun sulit, Jade tetap semangat dan berpandangan positif pada kondisinya. Namun ia tidak ingin menerima bahwa hidupnya terbatas, ia ingin tetap mengeksplorasi apa yang ia sukai.

"Aku tidak ingin menerima bahwa hidupku terbatas dan pada akhirnya aku akan mati, aku sudah diberitahu bahwa aku bisa mati dalam tidurku sehingga bagiku aku tidak mau menerimanya," tutupnya.




(wdw/up)
News Feed