Kamis, 28 Mar 2019 16:17 WIB

Punya 2 Rahim, Ibu Ini Lahiran 2 Kali Berselang Sebulan Salah Satunya Kembar

Firdaus Anwar - detikHealth
Total Arifa memiliki tiga bayi dalam sekali kehamilan. (Foto: iStock) Total Arifa memiliki tiga bayi dalam sekali kehamilan. (Foto: iStock)
Jakarta - Arifa Sultana (29) dari Khulna, Bangladesh, pertama kali melahirkan anaknya pada akhir Februari lalu di Khulna Medical College Hospital. Selang 26 hari kemudian ia kembali dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami keluhan sakit perut hebat.

Setelah diperiksa dengan ultrasonografi (USG) dokter kaget ketika menemukan Arifa masih hamil anak kembar di rahim kedua. Operasi caesar darurat dilakukan dan anak kembar Arifa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan berhasil lahir selamat, sehat tanpa komplikasi.


"Kami sangat terkejut dan kaget. Saya belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya," kata dr Sheila Poddar yang melakukan operasi caesar pada Arifa dikutip dari BBC, Kamis (28/3/2019).

Menurut cerita dr Sheila kondisi kehamilan Arifa tidak diketahui pada persalinan yang pertama karena tidak pernah menjalani pemeriksaan USG. Alasannya berkaitan dengan kondisi ekonomi keluarga Arifa yang dideskripsikan 'sangat miskin'.

Kondisi dua rahim Arifa dijelaskan oleh spesialis kandungan dr Christopher Ng dari GynaeMD Clinic sebagai Uterus Didelphys. Menurut dr Christopher dua rahim bisa terjadi pada beberapa wanita karena memang bukan hal yang sangat langka.

"Kemungkinan besar ada tiga sel telur matang terbuahi bersamaan di masa suburnya, oleh karena itu ada tiga embrio," papar dr Christopher.

(fds/up)