Jumat, 05 Apr 2019 14:30 WIB

Tiga Minggu Cuma Minum Air dan Jus, Wanita Ini Kena Cedera Otak

Firdaus Anwar - detikHealth
Diet sehat seharusnya memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. (Foto: Istock) Diet sehat seharusnya memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. (Foto: Istock)
Jakarta - Seorang wanita berusia 40-an di Israel dirawat di rumah sakit Sheba Medical Center karena cedera otak. Hal ini menurut laporan dipicu oleh diet ekstrem sang wanita di mana ia hanya mengonsumsi air putih dan jus buah selama tiga minggu.

Menurut tenaga medis bukannya bermanfaat diet malah membuat tubuh sang wanita mengalami gangguan keseimbangan garam. Tidak dijelaskan spesifiknya gangguan apa yang terjadi, namun menurut Daily Mail kemungkinan besar adalah kondisi hyponatrium.


Hyponatrium terjadi ketika tingkat sodium dalam darah terlalu rendah dan dijelaskan oleh National Institutes of Health tubuh akan berusaha menyeimbangkannya dengan memaksa air untuk masuk ke dalam sel. Hal ini berbahaya karena sel rentan untuk membengkak hingga terjadi kerusakan permanen, terutama di otak.

"Pada kasus sang wanita kerusakan otak yang terjadi dikhawatirkan permanen," tulis media Israel Mako dan dikutip dari Live Science, Jumat (5/4/2019).

Diet ini dilaporkan membuat berat badan sang wanita berkurang drastis hingga di bawah 40 kilogram.





Simak Juga 'Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak':

[Gambas:Video 20detik]



Tiga Minggu Cuma Minum Air dan Jus, Wanita Ini Kena Cedera Otak
(fds/up)
News Feed