Senin, 08 Apr 2019 06:34 WIB

Baru Melahirkan, Sebulan Kemudian Ibu Ini Melahirkan Lagi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Baru melahirkan, seorang ibu di Bangladesh kembali melahirkan sebulan kemudian. Foto: Ilustrasi/Thinkstock Baru melahirkan, seorang ibu di Bangladesh kembali melahirkan sebulan kemudian. Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Seorang wanita di Bangladesh melahirkan anak pertamanya pada bulan Februari silam secara normal. Segala sesuatu dalam proses persalinnya pun berjalan baik. Tapi ia mengejutkan para dokter di rumah sakit dengan kembali melahirkan hanya berjeda satu bulan dari persalinan pertamanya, waduh!

Ternyata, wanita tersebut memiliki dua uterus atau kondisi yang disebut dengan uterus didelphys, dan saat itu ia mengandung bayi pada kedua rahimnya. Setelah 26 hari keluar dari RS, wanita berusia 20 tahunn tersebut merasakan sakit di bagian bawah perut dan pergi ke rumah sakit berbeda, seperti ditulis Live Science.

Ketika dokter melakukan ultrasound, mereka menemukan wanita ini memiliki kondisi tersebut. Dokter pun segera melakukan operasi caesar untuk mengeluarkan si bayi kembar yang tertinggal.

"Kami sangat terkejut dan kaget. Aku belum pernah mengobservasi hal seperti ini sebelumnya," kata Dr Sheila Poddar, ginekologis di Ad-din Hospital, Bangladesh, kepada BBC.


Memiliki rahim ganda relatif jarang terjadi. Kondisi ini dialami hanya pada sekitar 1 dari 2.000 wanita, menurut Scientific American.

Mengapa ini bisa terjadi? Selama perkembangan janin perempuan, rahim biasanya dimulai sebagai dua tabung yang berfusi untuk menciptakan rahim. Tetapi pada beberapa wanita, tabung gagal bergabung, dan sebagai gantinya membentuk dua uterus yang terpisah.

(ask/up)
News Feed