Jumat, 12 Apr 2019 18:37 WIB

Para Ibu yang Jadikan Tali Pusar Anaknya Sebagai Karya Seni

Firdaus Anwar - detikHealth
Tali pusar bentuk hati ini dibingkai sebagai kenang-kenangan. (Foto: BBC) Tali pusar bentuk hati ini dibingkai sebagai kenang-kenangan. (Foto: BBC)
Jakarta - Di Indonesia tali pusar biasanya dikubur, tapi di beberapa tempat ada orang tua yang mengabadikan tali pusar anaknya menjadi sebuah karya seni.

Sebagai contoh misalnya pengguna Reddit Icy9kills mengunggah foto bingkai berisikan tali pusar berbentuk hati. Kepada netizen ia mengaku kalau bingkai tersebut adalah milik sang tante yang sengaja menjadikan tali pusar anaknya sebagai kenang-kenangan.

Banyak warganet memberikan reaksi, ada yang terkejut ada juga yang kagum.


Tali pusar sendiri sebetulnya adalah bagian yang menghubungkan janin dengan plasenta. Tali pusar berfungsi untuk memberikan janin oksigen dan nutrisi selama kehamilan dan biasanya dibuang usai persalinan.

Namun di media sosial tampaknya mulai muncul tren di mana orang-orang memamerkan karya seni dari tali pusar.

Kalung tali pusar Rachel.Kalung tali pusar Rachel. (Foto: BBC)


"Apa yang lebih baik daripada bagian tubuh untuk membuat sesuatu yang begitu indah daripada hanya membiarkannya hancur di buku kenangan anak," kata seorang ibu, Rachel Galvan, yang membuat liontin dari tali pusar anaknya.

"Anak laki-laki saya begitu luar biasa dan saya percaya kami dibuat untuk saling melengkapi. Ia adalah anugerah dan kalung ini jadi pengingat bahwa dia mengubah hidup saya dan orang-orang sekitar saya," ungkap Rachel seperti dikutip dari BBC, Jumat (12/4/2019).

Bagaimana menurut kamu tentang tren ini?

(fds/up)
News Feed