Sabtu, 13 Apr 2019 19:14 WIB

Happy Ending! Bocah 4 Tahun di Nias Telan Koin, Sudah Keluar Lewat BAB

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Noverius sampai harus dilarikan ke Medan untuk mendapat pertolongan medis (Foto: Dok. Onlihu) Noverius sampai harus dilarikan ke Medan untuk mendapat pertolongan medis (Foto: Dok. Onlihu)
Jakarta - Noverius Gulo (4) asal Desa Orahua Faondrato Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara kemarin sempat mengalami kejadian yang menyeramkan. Pada Rabu sore (10/4/2019), Noverius menelan logam saat sedang bermain dengan saudaranya.

Dengan bantuan pendamping lokal desa (PLD) Kecamatan Bawolato yang bernama Onlihu Ndraha, Noverius dan orang tuanya akhirnya berangkat ke Medan untuk mencari pertolongan medis dan dirujuk ke RSUP Adam Malik.

"Dari hasil rongent sore ini, kepingan logam itu sudah turun dari tenggorokan ke perut Noverius Gulo," kata Onlihu kepada detikHealth.

Posisi logam sempat dikhawatirkan menyumbat saluran pencernaan hingga diperkirakan butuh operasi.Posisi logam sempat dikhawatirkan menyumbat saluran pencernaan hingga diperkirakan butuh operasi. Foto: Dok. Onlihu




"Tadi mereka bilang akan diobservasi manakala keping logam itu keluar bersama BAB. Kalau tidak esok akan dilanjutkan tindakan operasi. Akhirnya koin tadi sudah keluar saat BAB," lanjut Onlihu.

Masih kata Onlihu, Noverius sudah kembali makan setelah sebelumnya sudah berpuasa karena koin Rp 500 berwarna emas yang ditelannya. Rencananya, Noverius pun bisa keluar dari rumah sakit besok.

"Setelah minum air dan makan dia mulai ceria dan senyum," tandas Onlihu.

(ask/up)