Selasa, 23 Apr 2019 17:33 WIB

Kasus Langka Bocah 11 Tahun Meninggal Gara-gara Pasta Gigi

Firdaus Anwar - detikHealth
Kandungan susu dalam pasta gigi Denise memicu reaksi alergi fatal. (Foto: iStock) Kandungan susu dalam pasta gigi Denise memicu reaksi alergi fatal. (Foto: iStock)
Jakarta - Denise Saldate dari California, Amerika Serikat, meninggal dunia pada pertengahan April 2019. Kisahnya viral di media sosial karena gadis berusia 11 tahun tersebut dilaporkan meninggal akibat sebab tidak biasa yaitu pasta gigi resep dokter.

Menurut pengakuan orang tua Denise sejak lahir memiliki alergi parah terhadap susu dan produk olahannya oleh karena itu setiap membeli makanan atau minuman mereka harus teliti mengecek informasi label kandungan.


Namun untuk pasti gigi keluarga tidak melakukan pengecekan dan tanpa diketahui ternyata pasta gigi Denise yang baru mengandung protein dari susu. Denise mengalami reaksi alergi fatal hingga akhirnya meninggal dunia.

"Ini pertama kalinya saya mendengar ada kasus seperti ini," komentar dokter anak David Stukus dari Nationwide Children's Hospital.

"Sebetulnya protein makanan bisa kita temukan di banyak hal mulai dari obat-obatan hingga produk yang bukan makanan. Tapi pada umumnya jenis dan jumlah protein makanan tersebut tidak cukup untuk memicu reaksi pada sebagian besar orang dengan alergi," lanjutnya seperti dikutip dari CNN, Selasa (23/4/2019).

Kasus yang menimpa Denise menurut David sangat langka sehingga bisa jadi pengingat tentang betapa pentingnya komunikasi antara pasien dengan dokter, inspeksi label, serta ketersediaan obat epinephrine.

(fds/up)
News Feed