Kamis, 25 Apr 2019 10:41 WIB

Haru, Bocah yang Lahir dengan Kedua Kaki Terbalik Kini Mampu Berjalan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi kaki anak. Foto: thinkstock Ilustrasi kaki anak. Foto: thinkstock
Jakarta - Victoria Komada asal Polandia terlahir dengan bilateral tibial hemimelia, sebuah cacat bawaan yang menyebabkan bayi lahir dengan kaki terbalik dan beberapa tulang yang hilang. Kondisi ini membuatnya tak bisa berjalan, dan solusinya hanya mengamputasi kedua kaki bocah 3 tahun ini.

Namun kedua orang tuanya tak mau putus asa. Mereka mencoba mencari harapan baru lewat para dokter bedah, hingga akhirnya mereka bertemu seorang dokter bedah di Florida, Amerika Serikat, yang mampu 'menyelamatkan' salah satu kakinya.

"Dia merasa sakit tiap hari dan tiap malam. Kami tak tahan lagi. Sungguh menyedihkan. Tentu saja, aku sangat takut dan tak tahu apa yang akan terjadi. Dia bisa saja menangis dan berteriak terus setelah operasi," ujar Marzena Drusewicz, sang ibu, dikutip dari Fox News.


Biaya yang mereka butuh tidak sedikit, selain untuk biaya pesawat dan yang lain-lain, mereka juga membutuhkan biaya hidup selama di AS. Mereka berhasil mengumpulkan biaya dari donasi, lalu berangkat ke AS di mana mereka menghabiskan waktu selama sembilan bulan.

Operasi tersebut harus mengamputasi kaki kanannya di atas lutut dan beberapa pin ke kaki kirinya sebelum memasang fixator, sebuah rangka besi yang menstabilkan posisi tulang. Beberapa bulan kemudian, beberapa sekrup dipasang ke kakinya tiap hari untuk menggerakkannya ke posisi yang benar.

Lima bulan kemudian, ia menjalani operasi keduanya untuk menyambungkan kembali tulang di kaki kirinya untuk memperkuatnya. Dua hari kemudian, bocah ini sudah mampu untuk berjalan kembali.

"Kami mencapai apa yang kami janjikan kepadanya. Kaki yang direkonstruksi ulang bisa berfungsi dengan baik. Dia (Victoria) sekarang bisa berjalan, lari bahkan berolahraga. Hasilnya sungguh luar biasa," kata Dr Dror Paley yang menanganinya.

Marzena menyebut kini Victoria tiap hari semakin baik dan tidak merasa sakit sama sekali. Ia mampu berjalan dengan normal, bahkan sangat gembira untuk memulai 'hidup baru'nya.


Haru, Bocah yang Lahir dengan Kedua Kaki Terbalik Kini Mampu Berjalan
(frp/up)