Kamis, 02 Mei 2019 14:40 WIB

Kutu di Gendang Telinga Jadi Penyebab Telinga Tak Berhenti Berdenging

Firdaus Anwar - detikHealth
Penampakan kutu di dalam telinga sang bocah. (Foto: CNN) Penampakan kutu di dalam telinga sang bocah. (Foto: CNN)
Jakarta - Kalau kamu mengira kutu kepala hanya bersarang di rambut, sepertinya pikiran tersebut harus diubah. Seorang bocah laki-laki 9 tahun asal Connecticut, Amerika Serikat, dilaporkan mengalami telinga berdenging yang tak kunjung reda akibat kutu di gendang telinga.

Ketika ditanya oleh dokter apa yang dilakukannya sebelum mengalami keluhan, sang bocah menjawab ia hanya bermain di luar ruangan saat sekolah.

Dalam laporan di The New England Journal of Medicine spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) dr Erik Waldman yang menangani kasus melihat seekor kutu di telinga sebelah kanan sang bocah. Dokter berusaha mengangkat kutu namun sulit karena bagian mulutnya mencengkeram erat gendang telinga.


Bila dipaksa ada kemungkinan malah menyebabkan rasa sakit dan merusak gendang telinga. Tapi bila dibiarkan ada juga kemungkinan kutu tersebut semakin membuat kerusakan hingga lama-lama mengganggu pendengaran sang bocah.

"Jadi kami membawanya ke ruang operasi, dibius, dan dengan alat perlahan melepaskan capitulum (bagian mulut -red) kutu," kata dr David Kasle yang juga terlibat dalam kasus seperti dikutip dari CNN, Kamis (2/5/2019).

Setelah kutu berhasil diangkat sang bocah diresepkan obat antibiotik untuk membantu proses penyembuhan luka. Satu bulan kemudian dirinya dilaporkan sudah sembuh total.

Menurut dokter kasus kutu kepala di telinga ini bukan hal yang biasa mereka temukan.

"Cukup aneh menemukan kasus kutu yang menanamkan dirinya cukup dalam di membran telinga," kata dr David.


Kutu di Gendang Telinga Jadi Penyebab Telinga Tak Berhenti Berdenging
(fds/up)
News Feed