Kamis, 02 Mei 2019 16:45 WIB

Dikira Mabuk Alkohol Usai Makan Durian, Pria Ini Diinterogasi Polisi

Firdaus Anwar - detikHealth
Mabuk karena makan durian membuat seorang pria diinterogasi polisi. (Foto ilustrasi: Adhar Muttaqin/detikcom) 'Mabuk' karena makan durian membuat seorang pria diinterogasi polisi. (Foto ilustrasi: Adhar Muttaqin/detikcom)
Jakarta - Mabuk durian sepertinya bukan sekedar istilah belaka. Di China ada kejadian di mana seorang pria diinterogasi karena dirinya dianggap berkendara sambil mabuk setelah gagal menjalani tes alkohol dengan alat breathalyzer.

Dalam video yang beredar di situs Pear Video, sang pria tampak protes mengaku kalau dirinya hanya habis makan durian.


Tes lebih jauh dengan sampel darah lalu membuktikan bahwa memang tidak terdeteksi ada alkohol dalam tubuh sang pria. Ia pun dibebaskan dan polisi melakukan investigasinya sendiri untuk membuktikan klaim sang pria.

Pada 29 April lalu sebuah video menunjukkan seorang petugas polisi bernama Yu Pengxiang mencoba alat breathalyzer setelah makan durian. Hasilnya alat membaca kandungan alkohol dalam darah petugas meningkat jadi 36mg per 100ml.

Tiga menit kemudian Yu melakukan tes serupa dan breathalyzer menunjukkan hasil negatif.

Breathalyzer sendiri pada dasarnya bekerja dengan cara tidak langsung yaitu mendeteksi molekul volatil alkohol dalam nafas. Karena prinsip kerjanya itu mungkin ada hal yang bisa mengelabui alat hingga menunjukkan hasil positif.

Kasus ini viral di China dengan beberapa netizen mengkritik polisi untuk meminta maaf kepada sang pria yang sudah keliru dituduh.

"Apakah kalian harus membuang-buang waktu orang yang tidak bersalah, menakuti mereka lalu menusuknya dengan jarum untuk mengeliminasi kecurigaan," kata seorang pengguna Sina Weibo seperti dikutip dari BBC, Kamis (2/5/2019).

(fds/up)
News Feed