Kamis, 02 Mei 2019 19:24 WIB

True Story

Sedih! Kelewat Senang Main Perosotan, Anak Ini Kena Serangan Jantung

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Seorang anak berusia 10 tahun meninggal dunia akibat serangan jantung lantaran terlalu senang saat menaiki perosotan air. Foto: thinkstock Seorang anak berusia 10 tahun meninggal dunia akibat serangan jantung lantaran terlalu senang saat menaiki perosotan air. Foto: thinkstock
Jakarta - Orang tua London Eisenbeis (10) tak akan pernah mengira anak gadisnya yang sangat aktif dan sehat bisa terkena serangan jantung. Penyakit tersebut menyerang London saat ia dengan gembira menaiki perosotan air. Nahas, nyawa London tak terselamatkan sesudahnya.

Perosotan air tersebut terkenal dengan turunannya yang sangat curam, dengan panjang 83 meter. London ditemani oleh sang ayah menaiki puncaknya sebelum meluncur keluar perosotan dengan keadaan mengalami serangan jantung.

"London memandang ayahnya, memberi dua jempol dan tersenyum, meluncur di perosotan dan keluar dengan serangan jantung. Kesenangan itu mengacaukan ritme jantungnya. Turunan perosotan itu punya suara latar seperti denyut jantung untuk membuatnya lebih seram. Siapa yang akan mengira ia (London) akan keluar tanpa satupun (denyut jantung)?" kata sang ibu, Tina, dikutip dari The Sun.


London kemudian diterbangkan ke rumah sakit setelah diketahui mengalami cedera otak parah karena kekurangan oksigen dan meninggal sembilan hari setelah insiden tersebut.

Tina dan suami membentuk yayasan non-profit usai kematian London. Bernama London Strong Foundation, yayasan ini mengajarkan latihan CPR, mengimbau para orang tua untuk melakukan skrining jantung pada anak dan membagikan defibrilator (yang tidak digunakan pada London saat mengalami gagal jantung) pada komunitas-komunitas lokal.

"Kamu harus merespon, kamu tak punya waktu untuk menunggu. Kurasa orang-orang takut dengan defibrilator, tapi mereka sangat mudah untuk digunakan. (Alat) inilah yang dibutuhkan untuk mengembalikan ritme (jantung) seperti semula," pungkas Tina.

(frp/up)