Kamis, 09 Mei 2019 10:31 WIB

Olesi Luka Operasi Caesar dengan Kunyit, Wanita Ini Alami Infeksi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Meski kunyit dianggap sebagai tumbuhan obat, jangan dipakai sembarangan untuk luka. (Foto: iStock) Meski kunyit dianggap sebagai tumbuhan obat, jangan dipakai sembarangan untuk luka. (Foto: iStock)
Jakarta - Berdiam diri di rumah setelah melahirkan akan dilakukan oleh sebagian besar wanita untuk memulihkan kesehatannya setelah melewati proses yang mempertaruhkan hidup-mati mereka.

Waktu pemulihan pun bisa berbeda bagi setiap orang. Namun biasanya wanita yang melalui proses persalinan lewat operasi caesar membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Karena hal tersebut, banyak yang memilih untuk melakukan tindakan kurang tepat agar bisa sembuh dengan segera. Tindakan tersebut kadang bisa saja lebih berbahaya dari yang mereka duga.

Seorang dokter bernama dr Muhammad Izzat membagikan kisahnya ketika merawat pasien pasca melahirkan dengan caesar. Salah satu pasiennya mengalami rasa sakit yang luar biasa pada luka operasi. Setelah diamati, ternyata luka tersebut berubah menjadi kuning dan kecoklatan.

Dikutip dari World of Buzz, dr Izzat menanyai apakah pasiennya telah meletakkan sesuatu di luka operasinya. Pasien tersebut mengaku bahwa ia mengoleskan kunyit dan manjakani setelah seorang kerabat merekomendasikan padanya.


Bukannya malah membaik, luka tersebut menjadi sangat buruk dan sakitnya tidak tertahankan. Oleh karena itu, sang pasien segera mengunjungi dr Izzat untuk mencari tahu letak permasalahannya.

"Luka Anda terinfeksi parah. Ada banyak sekali nanah yang keluar dari luka operasi itu," ujarnya.

Kisah ini dibagikan dr Izzat di laman Facebook miliknya dan mendapat respon beragam dari khalayak. Menurutnya, luka operasi harus dirawat dengan baik agar tidak menimbulkan infeksi.

Jika sudah terinfeksi parah, pasien tentu harus menjalani perawatan dan diberi antibiotik serta pembersihan luka secara teratur. Setelah infeksi hilang, luka akan dijahit kembali.

Oleh karena itu, ia mengingatkan untuk tidak mengoleskan sesuatu yang tidak direkomendasikan oleh para ahli ke luka operasi. Cara terbaik adalah membersihkan luka dengan air dan mengeringkannya dengan benar.



Tonton video Proses Melahirkan dengan Operasi Caesar:

[Gambas:Video 20detik]


Olesi Luka Operasi Caesar dengan Kunyit, Wanita Ini Alami Infeksi
(kna/fds)
News Feed