Rabu, 15 Mei 2019 12:00 WIB

Terbentur Stang Jetski, Gumpalan Darah Sebesar 12 Cm Tumbuh di Miss V

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang perempuan mengalami cedera saat main jetski hingga tumbuh hematoma di area Miss V (Foto: iStock) Seorang perempuan mengalami cedera saat main jetski hingga tumbuh hematoma di area Miss V (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang wanita yang tidak disebutkan namanya mengalami cedera di bagian vaginanya karena kecelakaan. Berdasarkan laporan yang dipublikasikan di the British Medical Journal, wanita itu jatuh dari jet ski dan mendarat di di bagian stang.

Kejadian tersebut berlangsung pada Juli 2018, di mana tiga hari setelahnya Layanan Ginekologi Profesional Brooklyn ditemukan hematoma atau gumpalan darah sebesar 12 cm di bagian vulvanya.

"Itu adalah hematoma yang cukup besar, sangat dalam, dan dia tidak bisa berjalan," kata dokter yang menanganinya, dr Marashi Amir dikutip dari Fox News.

"Itu hampir sebesar buah jeruk di antara kedua kakinya," lanjutnya.



Hematoma vulva adalah kumpulan darah yang terkumpul di jaringan lunak vulva setelah cedera atau persalinan. Hematoma yang berukuran kecil sedikit kemungkinan menyebabkan gejala, sementara yang berukuran lebih besar dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan, kesulitan buang air kecil atau buang air kecil yang menyakitkan.

Dikutip dari Health Line, pengobatan hematoma tergantung pada ukuran dan tingkat keparahan. Hematoma yang berukuran di bawah 5 cm biasanya memerlukan penghilang rasa sakit atau kompres dingin. Namun hematoma yang lebih besar mungkin memerlukan intervensi bedah atau operasi.

"Ketidaknyamanannya teratasi segera setelah operasi dan dia menjalani kursus pasca operasi tanpa komplikasi. Pendekatan intravaginal menghasilkan hasil estetika superior tanpa jaringan parut pada vulva eksternal," tulis laporan tersebut.

(wdw/up)