Jumat, 17 Mei 2019 14:27 WIB

Tak Sengaja Telan Tulang Ayam, Usus Pria 56 Tahun Ini Dua Kali Bocor

Firdaus Anwar - detikHealth
Hati-hati jangan sampai tulang ayam tertelan karena ada risikonya. (Foto: iStock) Hati-hati jangan sampai tulang ayam tertelan karena ada risikonya. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pria berusia 56 tahun dilaporkan dalam jurnal BMJ Case Reports harus dua kali dirawat di Rumah Sakit (RS) karena dua kali mengalami kebocoran usus. Penyebabnya karena ia tidak sengaja menelan tulang ayam.

Dr Andrew James Brown dari Kingston Hospital di London menyebut ini adalah kasus pertama objek asing yang sama dua kali membuat usus luka.

Awalnya sang pria dilaporkan datang ke rumah sakit dengan keluhan sudah tiga hari sakit perut parah. Pemeriksaan menunjukkan tanda-tanda inflamasi tinggi di bagian kanan perut tapi masih belum jelas penyebabnya.


Sampai akhirnya seorang ahli radiolog menyebut kemungkinan ada tulang ayam tidak sengaja tertelan dan baru saat itu sang pria ingat sempat makan ayam goreng sebelum sakit. Nah pada titik ini kondisi sang pria sudah membaik sehingga dokter hanya memberikan obat antibiotik dengan harapan tulang akan keluar dengan sendirinya.

Berselang dua bulan kemudian pria yang sama kembali ke rumah sakit dengan gejala detak jantung tinggi, demam, hingga inflamasi di dinding perut.

Akhirnya sang pria dilarikan ke ruang operasi darurat di mana dokter menemukan dan menjahit dua lubang di ususnya. Dokter ingin sekalian mengangkat tulang ayam yang diduga menjadi penyebab kebocoran namun tidak bisa ditemukan selama operasi.

Kondisi sakit perut sang pria sempat memburuk karena ada lubang udara dan bukaan abnormal di antara organ usai operasi. Namun setelah itu kondisinya membaik dengan pemeriksaan terakhir menemukan tulang ayam sudah sampai ke rektum.

"Pasien kembali ke klinik setelah dua bulan dibolehkan pulang dan kondisinya sudah lebih baik," kata Dr Andrew seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (17/5/2019).




Simak Juga 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/kna)