Sabtu, 18 Mei 2019 19:09 WIB

Terlihat Sehat di Foto, Wanita Ini Alami Kanker Usus

Roshma Widiyani - detikHealth
Kanker usus memiliki gejala bermacam-macam, salah satunya BAB berdarah. Foto: Ilustrasi/Dok. iStock Kanker usus memiliki gejala bermacam-macam, salah satunya BAB berdarah. Foto: Ilustrasi/Dok. iStock
Jakarta - Deborah James, seorang guru di London mungkin terlihat sehat saat di foto. Tidak ada yang menyangka jika Deborah sebetulnya sedang berjuang menghadapi kanker usus.

Dia menuliskan pengalamannya dalam unggahan podcast yang berjudul You, Me and the Big C. James mengatakan dia tak pernah tahu terkena kanker usus, karena tak pernah merasakan gejalanya.

"Tiap kali melihat foto lama, saya selalu berharap bisa tahu gejalanya. Di semua foto saya terlihat sehat namun faktanya saya buang air besar darah, selalu merasa lelah, dan mengalami perubahan kerja usus," kata James.


Dikutip dari Mirror, para ahli di Inggris telah meminta penurunan standar umur skrining kanker usus. Hal ini seiring dengan meningakatnya jumlah kasus kanker usus pada penduduk berusia kurang dari 50 tahun.

"Angka kejadian pada orang berusia kurang dari 50 tahun memang masih rendah dibanding yang lebih tua. Namun kami melihat adanya peningkatan jumlah kasus yang harus segera ditangai dengan pencegahan sedini mungkin," kata kepala studi Marzieh Araghi dari International Agency for Research on Cancer, Lyon.

Peningkatan jumlah kasus disebabkan obesitas dan pola makan yang buruk. Dalam riset yang telah dilaksanakan selama 10 tahun, jumlah kasus kanker usus naik 1 persen pada kelompok umur kurang dari 50 tahun. Angka ini teridiri atas 1,8 persen pada usus besar dan 1,4 persen pada dubur di usia 30-39 tahun.

Saat ini lebih dari 2.500 orang berusia muda di Inggris terdiagnosa kanker usus tiap tahun. Penyakit tersebut membunuh 16.384 orang di Inggris dalam 1 tahun. Sistem National Health Security (NHS) menetapkan usia 55-60 tahun untuk skrining kanker usus. Batas usia skrining harus dibuat lebih muda supaya pasien bisa mendapat terapi secepatnya.

(ask/ask)
News Feed