Rabu, 29 Mei 2019 13:59 WIB

Viral Kisah Heroik Dokter Hewan Cantik Bantu Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan

Firdaus Anwar - detikHealth
Tindakan cepat Waree Limrungsukho menyelamatkan nyawa bayi dipuji netizen. (Foto: BBC) Tindakan cepat Waree Limrungsukho menyelamatkan nyawa bayi dipuji netizen. (Foto: BBC)
Jakarta - Waree Limrungsukho sehari-harinya bekerja sebagai dokter hewan. Belakangan ia viral di media sosial ketika dirinya terekam membantu persalinan seorang ibu yang mendadak melahirkan di pinggir jalan kota Bangkok, Thailand.

Cerita bermula ketika seorang wanita yang identitasnya tidak diketahui tiba-tiba saja melahirkan prematur tanpa bisa mencapai fasilitas kesehatan terdekat. Waree yang kebetulan tidak jauh dari lokasi lalu mendatangi kerumunan berusaha mengetahui apa yang terjadi.

Sadar bahwa ini adalah kondisi darurat dengan sigap Waree lalu berusaha membantu dengan pengalaman yang terbatas dan tanpa peralatan.

"Saat itu fokus saya cuma ke bayi itu. Saya memikirkan cara bagaimana caranya supaya bayi bisa bertahan hidup. Saya tidak pernah menangani bayi manusia sebelumnya," kata Waree kepada BBC dan dikutip pada Rabu (29/5/2019).


Dengan ekstra hati-hati Waree mencoba mengayunkan bayi agar cairan ketuban bisa keluar dari paru-parunya. Cara yang sama biasa ia lakukan saat membantu persalinan hewan dan menurutnya secara teori bisa diterapkan pada manusia.

"Hanya untuk bayi manusia dokter biasanya akan memegang bayi mulai dari pergelangan kaki dengan posisi telungkup lalu secara halus menepuk paru-paru lewat punggung sampai cairan ketuban keluar," kata Waree.

Hingga pada akhirnya sang bayi menunjukkan tanda-tanda kehidupan dan mulai menangis. Berkat tindakan cepat Waree sang bayi yang awalnya tampak pucat akhirnya bisa mengambil napas pertama.

Waree mengaku kejadian tersebut adalah salah satu pengalaman yang tidak terlupakan sebagai dokter hewan. Ia tidak menyangka kalau dirinya akan jadi viral disebut-sebut sebagai pahlawan.

"Kalau saya tidak belajar menjadi dokter hewan, saya tidak akan pernah tahu kalau dokter hewan akan memiliki banyak petualangan," kata Waree.

"Semua yang terlibat saat itu adalah pahlawan, bukan cuma saya saja. Saya tidak menyangka akan begitu populer di media sosial," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed