Senin, 03 Jun 2019 12:27 WIB

True Story

Kisah Pria yang Wajahnya Berlubang Akibat Kanker Ganas

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi pria. Foto: Thinkstock Ilustrasi pria. Foto: Thinkstock
Jakarta - Enam bulan alami mata yang berair terus, Graeme Heward (58) mengaku sangat terkejut rupanya ia mengidap kanker di wajah pada tahun 2011 lalu. Akibatnya, ada lubang di wajahnya setelah dokter mengangkat mata kanan dan sebagian hidungnya untuk menyingkirkan tumor kanker.

Dikutip dari Fox News, hal ini berawal dari Graeme yang mengeluhkan matanya sakit dan daerah hidungnya terasa seperti tertekan. Pria yang bekerja sebagai seorang fisioterapis tersebut menganggap ia mengalami conjunctivitis, sebuah penyakit mata.

Tak disangka ada tumor kanker di dinding hidungnya, yang membuat ia menjalani hampir 30 operasi sejak saat itu. Kini ia mengenakan potongan wajah prostesis untuk membantunya tetap bisa bernapas.

"Saat dokter bilang padaku bahwa mereka harus mengangkat sebagian hidungku untuk menyingkirkan kankernya, mereka bilang ada satu dalam 20 kesempatan akan menjadi berantakan dan mereka harus mengangkat sebagian besar lagi," kata Graeme.


Dan benar saja, dua minggu setelah operasi itu, ia kembali dipanggil untuk diberitahu bahwa mata kanannya akan diangkat. Graeme mengaku sangat takut usai menerima berita terburuk dalam hidupnya tersebut.

Graeme tidak bisa menjalani radioterapi atau memangkas tumornya lebih jauh lagi karena sudah menekan pembuluh darah besar. Sehingga ia takkan pernah bisa bebas kanker namun tetap menjalani kemoterapi rutin untuk mencegah kankernya menyebar.

"Aku membuat 50 atau lebih perubahan pada pola makan, paparan lingkungan, penurunan stres dan suplementasi," katanya.

Saat ini kondisinya cukup stabil dan bahkan ia berencana untuk bersepeda sejauh 1754 km dari Swansea, Wales ke Inverness di Skotlandia untuk mengumpulkan donasi sebanyak 50 ribu poundsterling atau setara dengan 900 juta rupiah. Donasi tersebut akan digunakan untuk yayasan penggalangan dana pasangannya, Maggie.

Simak Juga ' Sekilas, Mengenal Kanker Darah yang Diderita Bu Ani ':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)