Jumat, 21 Jun 2019 17:59 WIB

Kepala Selalu Miring Sebelah, Balita Ini Ternyata Kena Tumor Otak

Firdaus Anwar - detikHealth
Kepala miring Ryleigh ternyata karena ada tumor di otak. (Foto ilustrasi: iStock) Kepala miring Ryleigh ternyata karena ada tumor di otak. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Balita bernama Ryleigh Godfrey dari Somerset, Inggris, awalnya disangka hanya salah bantal oleh keluarga bahkan dokter ketika tampak memegang kepala miring sebelah. Namun lama-lama orang tuanya merasa ada yang aneh karena kepala Ryleigh terus-terusan miring.

Sang ibu, Kay Parsons (31), mengaku kalau Ryleigh yang sekarang berusia 3 tahun tadinya tampak terus miring ke sebelah kanan. Kay lalu memutuskan merekam cara Ryleigh berjalan untuk kemudian ditunjukkan ke dokter.

"Kami melihatnya kembali di video dan di foto, kami bisa lihat kalau dia memegang leher dengan cara aneh," kata Kay seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (21/6/2019).

"Saat ini terjadi sudah lebih dari seminggu, saya tahu penyebabnya bukan karena masalah tidur," lanjutnya.


Penyebab sesungguhnya kepala miring Ryleigh baru terungkap setelah keluar hasil pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI) pada Juni tahun lalu. Ternyata ada tumor di batang otaknya yang mengganggu kordinasi dan sulit untuk dioperasi.

"Itu jadi momen dunia kami terasa hancur. Tidak ada kata-kata yang bisa mendeskripsikan rasanya diberitahu kalau anak gadis kecil kamu kena tumor otak," lanjut Kay.

Kini setelah melalui radioterapi, kemoterapi, dan 13 kali operasi kondisi Ryleigh disebut stabil. Dokter tidak bisa mengangkat seluruh tumor di otaknya namun pemeriksaan bulan Januari lalu tidak menemukan tanda-tanda pertumbuhan.

Pengobatan masih terus berjalan secara bertahap karena harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh Ryleigh.

(fds/up)