Rabu, 26 Jun 2019 18:35 WIB

25 Kali Operasi Tak Kunjung Sembuh, Manusia Pohon Putuskan Amputasi Tangan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Abul pasca operasi setahun yang lalu. Foto: CNN Abul pasca operasi setahun yang lalu. Foto: CNN
Jakarta - Beberapa tahun lalu, Abul Bajandar dari Bangladesh menjadi dikenal dunia karena kondisi yang dialaminya. Ia dijuluki manusia pohon karena jari-jari kaki dan tangannya tampak seperti ditumbuhi akar-akar pohon. Padahal akar itu tak lain adalah kutil yang ternyata bisa 'tumbuh'.

Hingga kini, Abul sudah menjalani 25 kali operasi untuk menghilangkan kutil-kutil itu, namun tidak ada tanda bahwa kutil 'kayu' itu akan berhenti tumbuh. Justru menyebar dan menyebabkan Abul merasakan sakit yang tidak tertahankan.

"Saya meminta dokter untuk memotong tangan saya sehingga setidaknya saya bisa mendapatkan bantuan," ujarnya dikutip dari The Sun.


Abul memiliki kondisi genetik kulit yang sangat langka yang dikenal sebagai Epidemodysplasia Verruciformis (EV) atau dikenal juga sebagai sindrom 'manusia pohon'.

Dokter sempat optimis bisa menangani kondisi kulit Abul, namun pada Mei tahun lalu kutil-kutilnya masih tetap saja tumbuh. Pertumbuhannya semakin lebih besar dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Menurut studi yang dipublikasi di jurnal Disease Markers 2010 hampir 50 persen orang dengan EV akan terkena tumor jinak apabila terinfeksi dengan human papilloma virus (HPV) penyebab kutil. Pada sebagian orang infeksi HPV ini bisa juga tidak akan menunjukkan gejala apa-apa.

Karena ini kondisi genetik belum ada obat yang betul-betul bisa menyembuhkan kondisi.



Simak Video "Wanita Ini Mendadak Alergi Air Usai Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)
News Feed