Kamis, 04 Jul 2019 13:15 WIB

Ususnya Bocor, Feses Wanita Ini Bisa Keluar Lewat Kencing

Firdaus Anwar - detikHealth
Rekaman video menunjukkan materi feses dari dinding usus wanita bocor ke kandung kemih. (Foto: New England Journal of Medicine) Rekaman video menunjukkan materi feses dari dinding usus wanita bocor ke kandung kemih. (Foto: New England Journal of Medicine)
Jakarta - Seorang wanita 72 tahun dilaporkan dalam New England Journal of Medicine (NEJM) mengalami kasus di mana usus besarnya bocor terbentuk saluran ke kandung kemih. Kondisi ini dalam dunia medis disebut sebagai fistula colovesical.

Dikutip dari Daily Mail, sang wanita awalnya penasaran karena setiap kencing urinenya menghasilkan banyak busa. Sang wanita pernah dirawat karena masalah infeksi kandung kemih karena itu ia memutuskan untuk kembali menemui dokter.

Dokter dari University of California, Los Angeles, lalu melakukan sistoskopi dan menemukan ada benjolan di kandung kemih sang wanita. Diselidiki lebih jauh benjolan tersebut memiliki lubang yang menyemburkan gas dan materi feses dari usus besar.


"Sistoskopi menunjukkan area mukosa kandung kemih yang bengkak dengan lubang di tengahnya mengeluarkan gas dan materi feses. Diagnosis fistula colovesical dibuat," tulis dokter dikutip dari NEJM pada Kamis (4/7/2019).

Dalam video yang diunggah para dokter, tampak materi feses berwarna kuning keluar dari dinding usus tercampur dengan cairan kandung kemih.

Sang wanita menjalani operasi di mana dokter menutup lubang dan membuang sebagian ususnya. Setelah dua bulan kondisinya membaik dan gejala sudah hilang sama sekali. Diduga kebocoran usus terjadi akibat kondisi medis yang sudah dialami sebelumnya.



Simak Video "Belajar Pantang Menyerah dari Tiffany, Gadis dengan Autisme"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)