Sabtu, 06 Jul 2019 09:20 WIB

Ususnya Kusut, Atlet Ini Nyaris Tak Ikut Olimpiade

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi usus kusut. Foto: iStock Ilustrasi usus kusut. Foto: iStock
Jakarta - Atlet seluncur indah atau figure skate Amerika, Aimee Buchanan nyaris tidak bisa beraksi karena usus yang kusut. Dikutip dari Daily Mail, atlet 26 tahun tersebut merasa sakit perut hingga tidak bisa tidur.

Dokter di rumah sakit dekat tempat tinggalnya di Lexington, Massachusetts lantas melakukan scan dan merujuknya ke Boston Children's Hospital. Pemeriksaan menunjukkan usus Buchanan kusut sehingga tidak berada di tempat yang seharusnya.

"Saya tidak menyangka kondisi perut dengan usus seperti itu. Saya ngeri saat dokter mengatakan peluang hidup hanya 24 jam sejak sakit perut kali pertama dirasakan. Dokter baru melakukan operasi sekitar 22 jam setelah saya merasakan sakit perut," kata Bucahanan.



Menurut Buchanan, ususnya saling melilit dan mengikat hingga menghalangi aliran darah, nutrisi, dan berbagai hal yang mendukung kehidupan. Dokter harus membuang usus sepanjang 3 feet atau setara 91,44 sentimeter yang saling melilit tersebut secepatnya karena mengalami sepsis.

Sepsis adalah respon tubuh yang mengeluarkan zat kimia tertentu sebagai mekanisme pertahanan menghadapi infeksi atau peradangan. Tenaga kesehatan kerap membagi sepsis menjadi tahap awal, parah, dan shock yang mengindikasikan tekanan darah turun hingga tidak lagi mengalir. Kondisi shock berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan pasien.

Usus kusut sebetulnya kerap terjadi pada pasien dengan kanker usus atau penyakit Crohn. Namun menurut Buchanan dokter tidak tahu penyebab ususnya bisa kusut yang ternyata bisa terjadi kapan saja.

"Saya tidak bisa membayangkan jika harus berhenti skate atau tidak bisa ikut Olimpiade. Skate menjadi motivasi saya selama menjalani operasi dan latihan lagi menjelang kompetisi," kata Buchanan.

Buchanan mengalami usus kusut yang nyaris menyebabkannya pensiun diri dari skating pada 2014. Di tahun 2018 dia beraksi di Olimpiade Musim Dingin setelah sebelumnya memenangkan kompetisi di tingkat nasional.



Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)
News Feed