Senin, 08 Jul 2019 16:45 WIB

Ajaib, Bayi Prematur Ini Berhasil Lawan 4 Penyakit Mematikan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi bayi prematur. Foto: Instagram Ilustrasi bayi prematur. Foto: Instagram
Jakarta - Pada akhir bulan Oktober tahun 2018 lalu, Courtney Scott (22) yang sedang hamil 26 minggu merasa sakit yang amat sangat di perutnya. Oleh pasangannya, Ryan Harrison (23), ia lalu dibawa ke rumah sakit, demikian dilaporkan Daily Mail.

Yang mengejutkan, dokter memperingatkan bahwa ketubannya akan pecah dan nampaknya sang bayi akan lahir lebih cepat. Walau mereka sudah berusaha memperlambat prosesnya, namun keesokannya Ollie, bayi tersebut, lahir prematur dengan bobot kurang dari 1 kg.

Seperti bayi prematur lainnya, Ollie segera dibawa ke ventilator dan dirawat selama 15 minggu. Parahnya selain berjuang hidup, ia juga harus melawan 4 penyakit mematikan yakni sepsis, keracunan darah, sindrom tekanan respirasi (NRDS) dan paru kronis.


Sepsis merupakan sebuah reaksi membahayakan nyawa akibat infeksi, biasanya diakibatkan pecahnya ketuban yang prematur membuat janin terekspos pada bakteri baru dan meningkatkan risiko infeksi. Sedangkan NRDS terjadi saat paru-paru bayi belum berkembang sempurna untuk memberi oksigen cukup.

Courtney dan Ryan diberitahu untuk bersiap-siap menghadapi yang terburuk. Namun keajaiban terjadi, Ollie berhasil melawan semua halangan dan diperbolehkan pulang setelah 3,5 bulan, dengan bobot mencapai 3,3 kg.

"Untuk bisa melahirkan anak pertamaku sangat luar biasa, aku tidak berpikir aku sudah siap namun kini adanya Ollie di hidupku adalah hal terbaik yang pernah terjadi padaku. Saat ia lahir, ia bisa kugenggam dalam satu tangan dan sangat aneh untuk melihat betapa kecilnya dia dulu," tutur Ryan.

Ia dan sang ibu sangat bersyukur akan keselamatan si bayi ajaib yang tak lepas dari campur tangan para staff rumah sakit. Oleh karena itu, ia membuka laman donasi online untuk menggalang donasi bagi rumah sakit tersebut guna membeli beberapa alat penting yang bisa menyelamatkan bayi-bayi lain yang bernasib sama seperti Ollie.



Simak Video "Viral! Tutorial Dokter Gendong Bayi Merah yang Bikin Deg-degan"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)
News Feed