Selasa, 09 Jul 2019 11:21 WIB

Sering Batuk Berdarah, Ternyata Ada Lintah di Tenggorokan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi lintah. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi lintah. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang dokter menemukan lintah yang sedang mengisap darah di batang tenggorokan wanita setelah ia mengeluh merasakan sesuatu bergerak di dalam lehernya dan mulai sering batuk berdarah.

Wanita berusia 65 tahun ini kemudian bercerita tentang kejadian yang ia alami dan dokter menyarankan agar ia melakukan bronkoskopi untuk melihat ke dalam saluran udara paru-parunya. Dokter kemudian membekukannya dengan agen pembekuan terlebih dahulu karena ekstraksi yang kuat dapat menyebabkan cedera.



"Dalam kasus serupa yang melibatkan lintah di masa lalu, dokter mengekstraksi parasit dengan membekukannya. Saya menyemprotkan zat pembekuan karbon dioksida di atasnya, menurunkan bagian tubuhnya menjadi minus 80 derajat Celcius," kata dr Yao Hongmei, spesialis pernapasan dan penanganan kritis, dikutip dari Mirror.co.uk

Dokter juga mengatakan kebiasaan wanita ini yang seringkali meminum air dari mata air menyebabkannya menelan telur atau larva lintah, yang menetas dan tumbuh di tenggorokannya.

Tentu saja, minum banyak air adalah hal yang baik tapi pastikan kamu meminum air yang sudah diolah atau direbus terlebih dahulu untuk memastikan tidak adanya yang 'tertinggal' di air yang kamu konsumsi.



Simak Video "Kocak! Gaya Bocah yang Panik saat Tergigit Lintah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)