Selasa, 16 Jul 2019 08:03 WIB

Pria 60 Tahun Hidup Hanya dengan Setengah Otak

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Sebagian isi kepalanya bukan jaringan otak melainkan hanya cairan. (Foto: Thinkstock) Sebagian isi kepalanya bukan jaringan otak melainkan hanya cairan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pensiunan tentara Rusia tak menyangka saat tahu bahwa ada 'lubang hitam' di otaknya. Seharusnya, tempat itu terisi oleh otak kiri. Demikian dilaporkan Dailymail.co.uk.

Pria yang enggan disebutkan namanya ini diketahui tak pernah punya masalah kesehatan, sampai ia terserang 'stroke ringan'. Dokter di Moscow mengungkapkan, kondisi sang pria yang langka ini terbilang cukup unik.

"Terdapat kegagalan sirkulasi darah di otak. Hal ini berbeda dari stroke ketika bagian otak rusak permanen. Bagian otak dari si pensiunan yang seharusnya jadi lokasi stroke ringan, malah tidak ada sama sekali. Justru hanya terlihat lubang hitam di gambar komputer," ujar ahli saraf Dr Marina Anikina yang menginvestigasi kasus tersebut.


Bagian otak yang hilang bisa terjadi karena kegagalan berkembangnya otak saat janin masih dalam kandungan. Ketika separuh bagian otak rusak, bagian yang lain kemudian menggantikan semua fungsinya.

Belum diketahui apa yang mengisi lubang pada tempurung otak si pria. Kasus langka serupa disebut hydranencephaly, yakni tak ditemukannya jaringan padat otak dan terisi dengan cairan.

Sang pria pulih dengan cepat dari stroke ringannya, namun menolak untuk melakukan tes lanjutan pada otak.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)