Jumat, 19 Jul 2019 16:01 WIB

Dikira Radang, Rupanya Infeksi 'Makan' Leher Wanita Ini Sampai Berlubang

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi wanita dengan infeksi di leher. Foto: BBC Magazine Ilustrasi wanita dengan infeksi di leher. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Stacey Raymond (32) terbangun di malam hari, merasa tenggorokannya agak sedikit meradang. Tanpa ia ketahui bahwa saat itu ada infeksi mematikan yang sedang 'memakan' otot dan kulit di lehernya.

Dilaporkan The Sun, Stacey menjalani CT Scan usai mengonsumsi antibiotik tak membantu meredakan rasa sakit yang kian hari semakin parah dan leher yang membengkak. Hasilnya menunjukkan adanya abses di lehernya, yang kemudian dikempiskan.

Akan tetapi beberapa hari kemudian, kondisinya semakin memburuk dan muncul tanda memerah yang terbentuk dari leher hingga lengan kirinya. Kemudian ia didiagnosis dengan abses parafaringeal dan dipindah ke ICU untuk perawatan intensif.

Munculnya abses ini dapat mengganggu jalan pernapasan atau pecah ke dalam arteri karotis dan menyebabkan sepsis thrombophlebitis dari vena jugularis interna, menurut Merck Manual. Kebanyakan pasien akan mengalami demam, radang tenggorokan dan bengkak.


Penanganan biasanya dilakukan dengan pengempisan melalui bedah dibarengi dengan antibiotik. Namun penanganan tersebut tak berhasil pada Stacey sampai nanah keluar dari area lehernya.

"Dokter sadar bahwa infeksi bakteri sedang menyebar menuju jantungku, dan memberitahu keluargaku bahwa kesempatanku selamat nyaris tidak ada jika mereka tak bisa menghentikannya tepat waktu. Operasi bedah selama empat jam itu merupakan waktu terlama yang pernah dilalui keluargaku untuk menunggu, menunggu apakah aku tetap bisa hidup," kisahnya.

Walau beberapa macam prosedur bisa menghentikan infeksi tersebut, kerusakan bakterinya merambah ke otot, kulit dan jaringan membuat area tersebut sangat lemah. Saking lemahnya, Stacey harus belajar untuk mengangkat kepalanya lagi.

Akibat lainnya adalah muncul lubang menganga di lehernya. Stacey harus menunggu hingga 32 hari sampai mendapatkan cangkok kulit, yang diambil dari kulit di pahanya guna menutup luka tersebut.




Dikira Radang, Rupanya Infeksi 'Makan' Leher Wanita Ini Sampai Berlubang


Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)